Cara Aman Melakukan Factory Reset Pada Smartphone Sebelum Dijual

Cara Aman Melakukan Factory Reset Pada Smartphone Sebelum Dijual

Cara Aman Melakukan Factory Reset Pada Smartphone Sebelum Dijual. Terdapat beberapa langkah aman factory reset untuk iPhone, Android, maupun ponsel Google.-Simon Hill-wired.com

Setelah itu, matikan iMessage di pengaturan untuk menghindari hilangnya pesan saat beralih ke Android. Jangan lupa juga untuk mengeluarkan kartu SIM dari iPhone Anda.

Pada iOS 15 dan versi yang lebih baru, Apple telah memasukkan langkah mematikan Find My iPhone dalam proses reset pabrik. Sehingga pengguna tidak perlu lagi melakukannya secara manual.

Namun, untuk pengguna iOS 14 dan versi sebelumnya, Anda masih harus mematikan fitur Find My iPhone dan log out dari akun Apple ID sebelum melakukan reset.

BACA JUGA:Huawei Mate XT, Telepon Lipat Tiga Pertama di Dunia, Resmi Tantang iPhone 16 Milik Apple

Setelah langkah-langkah tersebut selesai, Anda siap untuk melakukan reset. Masuk ke Settings > General > Transfer or Reset iPhone dan pilih Erase All Content and Settings. Proses itu akan memakan waktu beberapa menit untuk menghapus semua data.


Cara Aman Melakukan Factory Reset Pada Smartphone Sebelum Dijual. Hapus semua akun google dari ponsel Android sebelum melakukan factory reset.--Pixabay/StockSnap

Cara Factory Reset Ponsel Android

Sama halnya dengan iPhone, sebelum melakukan factory reset pada ponsel Android, pastikan Anda sudah mencadangkan semua data penting. Setelah itu, keluarkan kartu SIM dan MicroSD dari perangkat Anda.

Android memiliki fitur perlindungan anti-pencurian yang dikenal sebagai Factory Reset Protection (FRP). Jika FRP aktif, ponsel akan meminta login akun Google terakhir saat disetel ulang.

Untuk menghindari hal itu, pastikan Anda menghapus semua akun Google dari ponsel sebelum melakukan reset.

BACA JUGA:Hilangkan Iklan yang Membandel di HP Android dan iOS, Inil Cara Praktisnya

Pada ponsel Google Pixel, itu dapat dilakukan melalui Settings > Passwords and Accounts. Sedangkan pada Samsung Galaxy, melalui Settings > Accounts and Backup > Manage Accounts.

Untuk melakukan reset, langkahnya berbeda-beda tergantung pabrikan. Pada Google Pixel, Anda dapat masuk ke Settings > System > Reset options > Erase all data (factory reset).

Pada Samsung Galaxy, buka Settings > General Management > Reset dan pilih Factory Data Reset. Setiap merek ponsel Android mungkin memiliki sedikit perbedaan. Tetapi umumnya opsi reset dapat ditemukan di pengaturan manajemen umum atau sistem.

BACA JUGA:Cara Nonaktifkan WA Sementara di Android dan iPhone tanpa Hapus Akun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: wired.com