Alipay Makin Populer, Kian Banyak Digunakan Turis Asing

Alipay Makin Populer, Kian Banyak Digunakan Turis Asing

PEDAGANG BUAH di salah satu pasar di Shanghai melayani pembeli. Kios itu melayani pembayaran dengan platform digital.-HECTOR RETAMAL-AFP-

HARIAN DISWAY - Penggunaan Alipay oleh wisatawan mancanegara di Tiongkok mengalami lonjakan signifikan. Hal itu tampak dari data selama liburan panjang Hari Nasional Tiongkok pekan lalu.

Menurut data Alipay, pengeluaran melalui platform pembayaran digital milik Ant Group itu meningkat sekitar 120 persen dibanding tahun lalu. Alipay, salah satu metode pembayaran utama di Tiongkok, semakin menjadi pilihan bagi wisatawan internasional yang berkunjung ke negara tersebut.

Sejak pemberlakuan kebijakan bebas visa bagi wisatawan asing pada 2023, semakin banyak turis yang memanfaatkan kemudahan pembayaran digital Alipay selama perjalanan mereka di Tiongkok.

Pada 1-4 Oktober 2024, pengeluaran wisatawan asing hampir tiga kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya. Pertumbuhan itu menunjukkan semakin luasnya penggunaan Alipay di kalangan wisatawan mancanegara. Mereka terpikat dengan kenyamanan yang ditawarkan Alipay dalam melakukan transaksi di berbagai tempat di Tiongkok.

BACA JUGA:Produk Tiongkok Membanjiri Pasar, Presiden Jokowi Tekankan Perlunya perlindungan Pasar Domestik

BACA JUGA:Prediksi Pemain Timnas Indonesia vs Bahrain dan Tiongkok: Kans Debut Hilgers dan Reijnders Terbuka Lebar!

Selain itu, Alipay juga mencatat peningkatan signifikan dari sisi pedagang Tiongkok yang menerima pembayaran dari wisatawan asing. Jumlah pedagang yang mendukung metode pembayaran digital itu melonjak hingga 100 persen dibandingkan tahun lalu. Sehingga, turis pun tidak kesulitan menggunakan Alipay di berbagai penjuru Tiongkok.

Lima kota di Tiongkok mencatat lonjakan pengeluaran wisatawan asing yang paling cepat selama liburan. Yakni, Qinhuangdao di Provinsi Hebei, Sanya di Provinsi Hainan, Huzhou dan Jinhua di Provinsi Zhejiang, serta Nanchang di Provinsi Jiangxi. Kota-kota itu menarik lebih banyak wisatawan asing yang memanfaatkan Alipay untuk pembayaran selama masa liburan.


PENGAMEN di Beijing, Nie Hailiang, 42, menerima pembayaran dengan platform Alipay dan WeChat. Pembayaran digital di negeri itu makin populer.-ADEK BERRY-AFP-

Di sisi lain, wisatawan dari daratan Tiongkok yang bepergian ke luar negeri juga semakin banyak menggunakan Alipay untuk melakukan transaksi. Selama empat hari pertama liburan, jumlah transaksi yang dilakukan oleh wisatawan asal Tiongkok di destinasi internasional meningkat lebih dari 60 persen dibanding tahun lalu. Malaysia, Korea Selatan, Thailand, Hong Kong, dan Singapura menjadi destinasi utama yang mencatat lonjakan volume transaksi melalui Alipay.

Peningkatan pengeluaran itu terutama terlihat pada sektor-sektor seperti layanan, transportasi, hiburan, dan makanan. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: