ASPI Usulkan IKN dan Jakarta Jadi Twin Cities

ASPI Usulkan IKN dan Jakarta Jadi Twin Cities

Istana Kepresidenan di IKN --Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

HARIAN DISWAY - Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN) diusulkan menjadi twin cities atau kota kembar. Keduanya bisa berperan sebagai ibu kota Indonesia.

Eks kepala Otorita IKN Bambang Susantono mengatakan bahwa usulan tersebut diajukan oleh Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI).

Menurut Bambang, ada beberapa skenario yang bisa digunakan saat IKN dan Jakarta menjadi Ibu Kota. Salah satunya yaitu menjadikan Twin Cities ini.

"Twin Cities. Itulah konsep yang diusulkan terkait pembangunan IKN ke depannya, dan 'dititipkan' pada saya untuk dapat disampaikan ke pemerintah," kata Bambang dalam unggahan di akun resmi Instagram miliknya dikutip Minggu, 13 Oktober 2024.

BACA JUGA:Mayapada Hospital Nusantara di IKN Diresmikan Jokowi, Digagas Jadi Layanan Kesehatan Bertaraf Internasional

BACA JUGA:Jokowi Resmikan RS Hermina di IKN, Fasilitas Seperti Hotel Bintang 5

"Satu kota dapat berperan sebagai ibu kota secara legal (de jure), sedangkan kota lainnya menjalankan kegiatan administrasi pemerintahan nasional (de facto), dan masing-masing kota didesain untuk melaksanakan fungsi utama tertentu," ucap Bambang.

Usulan tersebut diharapkan dapat membantu pengelolaan antara Jakarta dan IKN menjadi lebih baik. 

Bambang berterima kasih kepada ASPI atas masukan tersebut. Sebagai organisasi akademik beranggotakan 100 program perencanaan wilayah dan kota di 74 universitas dari Sabang sampai Merauke, ASPI memiliki kualifikasi dan kemampuan untuk urun rembug secara aktif dalam pembangunan ibukota bersama ini.

"InsyaAllah pesan ini akan saya sampaikan pada pemerintah saat ini dan yang mendatang, sebagai wujud kerja sama untuk melahirkan sebuah ibu kota berkelanjutan bagi rakyat," ujar Bambang.

Bambang menyampaikan bahwa usulan ini tercipta karena belum adanya kejelasan mengenai keputusan presiden (Keppres) tentang pemindahan IKN serta terkait kecukupan anggaran pembangunan IKN saat ini.

BACA JUGA:Jokowi Sarankan Keppres IKN Diteken Prabowo, Begini Respons Gerindra

BACA JUGA:Kemenag dan Otorita IKN Siapkan Pembangunan Madrasah Terpadu di Ibu Kota Nusantara

Ia berujar IKN dan Jakarta bisa menjadi kota kembar sampai Keppres diteken dan anggaran pembangunan IKN cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: