Kualifikasi MotoGP Phillip Island: Jorge Martin Dominasi, Bagnaia Terpeleset ke Posisi Kelima

Kualifikasi MotoGP Phillip Island: Jorge Martin Dominasi, Bagnaia Terpeleset ke Posisi Kelima

Susunan grid untuk grand prix MotoGP Australia (20/10)--Twitter Motogp @Motogp

HARIAN DISWAY - Jorge Martin tampil gemilang di sesi kualifikasi MotoGP Phillip Island 2024. Ia mencatatkan waktu tercepat dan mengamankan posisi start terdepan untuk Sprint Race dan Grand Prix.

Marc Marquez dan Maverick Vinales turut meramaikan barisan depan. Sementara Fransesco Bagnaia harus puas start di urutan kelima.

Jorge Martin, pembalap tim satelit utama Ducati (Prima Pramac Racing), akhirnya berhasil meraih posisi start terdepan di Sprint Race dan Grand Prix Phillip Island, Australia, dalam ajang MotoGP Qatar Airways 2024. Pembalap asal Spanyol ini mencatatkan putaran tercepat dengan waktu 1 menit 27,296 detik.

Jorge Martin menutup sesi Q2 dengan keunggulan luar biasa, 0,594 detik, dari Marc Marquez, pembalap tim satelit Gresini Racing. Meski motor Ducati GP23 milik Marquez sedikit lambat, ia tetap berhasil mengamankan start di barisan depan.

Marc Marquez, sang juara dunia delapan kali, meraih posisi kedua di grid, diikuti oleh Maverick Viñales dari Aprilia Racing. Viñales terus meningkatkan catatan waktunya sejak awal Q2, yang memberinya tempat di barisan depan.

Performa Jorge Martin MotoGP Phillip Island

Jorge Martin dan Pecco Bagnaia sebenarnya berada di bawah tekanan. Sebab selain harus memperebutkan gelar juara, sirkuit Phillip Island dikenal dengan tantangan dan kejutan.

Pada sesi Jumat, hujan sempat turun dan membuat lintasan masih basah. Keduanya tampak underperform, dengan masalah yang mungkin terletak pada pemilihan ban.

Pada sesi Sabtu, situasi sulit dengan lintasan yang basah sempat menghantui sesi FP2 yang diperpanjang hingga 40 menit. Namun, kondisi trek yang mulai mengering membuat Marc Marquez tampil apik, seolah mempersiapkan panggung untuk sesi kualifikasi yang ketat.

Drama Q1 dan Hasil Q2 di MotoGP Phillip Island

Sesi Q1 dimulai dengan drama. Ban Michelin untuk kondisi basah dipasang di awal. Raul Fernandez, pembalap tim satelit Aprilia (Track House Racing), memanfaatkan kesempatan dan berhasil mencatatkan waktu untuk masuk ke Q2 bersama Enea Bastianini dari Ducati Lenovo.

Di Q2, Jorge Martin langsung tampil gemilang dengan catatan waktu tercepat. Sementara Fabio Di Giannantonio dari Tim Pertamina Enduro VR46 mengalami kecelakaan di Tikungan 1.

Maverick Viñales sempat memimpin di menit ketujuh, tetapi time attack lima menit terakhir membalikkan situasi.

Jorge Martin mencatat waktu terbaik 1 menit 27,296 detik, hanya 0,050 detik lebih lambat dari rekor yang ia buat pada musim 2023.

Di grid kedua, Marco Bezzecchi dari Tim Pertamina Enduro VR46 mencatat waktu 1 menit 28,375 detik. Ia mengungguli juara dunia 2023, Francesco Bagnaia, yang berada di posisi kelima dengan waktu 1 menit 28,478 detik.

Raul Fernandez mencatat hasil impresif di posisi keenam setelah berjuang di Q1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: