Bukan Liburan, Retret Menteri Ala Militer Bikin Kaget Para Pejabat

Bukan Liburan, Retret Menteri Ala Militer Bikin Kaget Para Pejabat

Presiden Prabowo Subianto memimpin senam pagi para menteri di lingkungan Akmil Magelang pada Sabtu, 26 Oktober 2024.-Sekretariat Presiden -

Kemarin, para pembantu Presiden Prabowo Subianto itu juga dijadwalkan mendengarkan paparan dari ‘orang lama’.

Mulai dari Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pertanian Supratman Andi Agtas, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Rachmat Pambudy hingga Ketua Dewan Ekonomi Nasional Luhut Binsar Pandjaitan.

BACA JUGA:Hari Kedua Retret Kabinet Merah Putih di Magelang: Bahas Implementasi Program Unggulan

Ya, anda sudah tahu, sebagian dari mereka memang sebelumnya bergabung di Kabinet Indonesia Maju (KIM) era Presiden ke-7 Joko Widodo. Lantas, apa saja yang dibahas dalam kesempatan tersebut?

Wakil Mendagri Bima Arya membocorkan pemaparan dari mereka. Salah satunya, dari Luhut Binsar Pandjaitan. Menurutnya, Luhut bercerita dan membagikan pengalaman selama 10 tahun di pemerintahan sejak 2014.

Tentu, kata Bima, untuk mengambil pelajaran dari pengalaman panjang tersebut. Mulai dari pentingnya soliditas dan kerja sama tim hingga pencanangan program.

“Ada juga pelajaran dari penanganan Covid-19 dan beberapa program strategis nasional,” lanjut Bima.

Menurut Wakil Menteri Transmigrasi Viva Yoga Mauladi, pemaparan berlangsung secara bergiliran hingga pukul 16.30 WIB.

BACA JUGA:Ini Alasan Prabowo 'Karantina' Para Menteri di Akmil Magelang

Selepas itu, para peserta retret diberikan waktu untuk menggunakan waktu cadangan. Selanjutnya pada malam hari, para peserta retret diinstruksikan memakai batik saat menghadiri makan malam di Tenda Besar.

Wakil Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi Prof Stella Christie bercerita soal pengalaman ikut retret menteri Kabinet Merah Putih yang disebut Presiden Prabowo Subianto dengan istilah "the military way".

Menurut Stella, penggemblengan itu efektif untuk membangun kerja sama tim. Dia begitu bersemangat dan terinspirasi selama kegiatan tersebut. 

“Karena arahan Bapak Presiden kita harus team work dan saya rasa kita berolahraga bersama, dan bertinggal bersama adalah suatu yang sangat efektif," katanya.

BACA JUGA:Prabowo Pimpin Hari Pertama Kabinet, Dari Sapta Marga ke Borobudur Golf, Ini yang Diajarkan kepada Para Menteri

Stella mengaku belajar bekerja seirama dengan anggota kabinet lainnya. Dia yakin pengalaman ini menjadi bekal dalam menjalankan pemerintahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: