Songsong Era Robot

Songsong Era Robot

Para robot yang berlaga dalam RoboCup Asia-Pacific 2024 di Qingdao, Provinsi Shandong, Tiongkok, 24-27 Oktober 2024. --

TENTU, para robot yang berlaga dalam RoboCup Asia-Pacific 2024 di Qingdao, Provinsi Shandong, Tiongkok, itu tidak ada yang bisa bergerak seperti Christiano Ronaldo. Meski begitu, aksi mereka di lapangan bola tetap asyik dinikmati. Menimbulkan gelak tawa penonton.

Sepakbola robot itu adalah bagian dari acara yang dihelat pada 24-27 Oktober 2024. Pesertanya berjibun. Lebih dari 200 tim dari 20 negara turut berpartisipasi.

Kompetisi robot tersebut diiniasi oleh RoboCup Asia-Pasific yang dinaungi oleh RoboCup Federation. Organisasinya berpusat di Singapura. Mereka rutin menggelar lomba robot sejak 1997. Dan makin lama, robot yang ditampilkan kian canggih.


Para robot yang berlaga dalam RoboCup Asia-Pacific 2024 di Qingdao, Provinsi Shandong, Tiongkok, 24-27 Oktober 2024. --

Tahun ini, robot sudah dilengkapi oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Sehingga, robot itu bisa memecahkan permasalahan dasar, memainkan bola, plus menunjukkan kemampuan teknologi lain.

Sepakbola robot tersebut dibagi menjadi beberapa nomor. Mulai robot mini hingga humanoid yang tingginya sekitar 120 sentimeter. Gerak mereka masih lambat. Seperti balita yang tertatih-tatih belajar berjalan.

RoboCup Federation berharap robot-robot tersebut bisa terus berkembang. ’’Target kami, pada 2050, sudah terbentuk tim robot humanoid yang bisa bermain secara otonom. Tanpa perlu dikendalikan. Mereka akan bermain dengan standar FIFA melawan juara Piala Dunia di masa itu,’’ bunyi pernyataan resmi federasi tersebut. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: