Yamaha Hadapi Regulasi 850cc, Tiga Konfigurasi Mesin di Tiga Musim
Yamaha factory MotoGP siapkan 3 mesin untuk kesiapan MotoGP 2027--Twitter Motogp @Motogp
HARIAN DISWAY - Yamaha tengah menyiapkan revolusi besar di MotoGP! Selain mengembangkan YZR-M1 dengan mesin Inline-4 terbaru, pabrikan asal Jepang ini diam-diam merancang mesin V4 yang siap debut pada 2026.
Tak hanya itu, Yamaha juga bersiap menghadapi regulasi 850cc pada 2027 dengan strategi ambisius: tiga konfigurasi mesin dalam tiga musim. Apakah ini akan membawa Yamaha kembali ke puncak kejayaan?
Hasil sesi Shakedown MotoGP 2025 di Sirkuit Sepang, Malaysia, menunjukkan dominasi pabrikan Yamaha, dengan Fabio Quartararo dan Jack Miller menempati posisi pertama dan kedua.
Pabrikan berlambang Garpu Tala itu datang dengan tim yang lebih besar, didukung oleh kemitraan dengan tim satelit Prima Pramac Alpine Racing yang diperkuat Jack Miller dan Miguel Oliveira.
BACA JUGA:Sepang Shakedown Berakhir: Yamaha Melesat, Ogura Bersinar, Ducati Bereksperimen
BACA JUGA:Honda HRC 2025: Warna, Mesin, dan Ambisi Baru di MotoGP
Meskipun hasil Shakedown tidak selalu menjadi acuan utama untuk musim 2025, Yamaha menunjukkan tanda-tanda kebangkitan dengan pengembangan terbaru pada motor YZR-M1 bermesin Inline-4.
Namun, yang lebih menarik adalah proyek rahasia Yamaha dalam mengembangkan mesin V4, yang direncanakan untuk debut di musim 2026.
Mempersiapkan Tiga Konfigurasi Mesin untuk Masa Depan
Dengan regulasi baru MotoGP yang akan mengurangi kapasitas mesin menjadi 850cc pada tahun 2027, Yamaha dikabarkan tengah menyiapkan strategi besar.
Mereka berencana mengembangkan tiga konfigurasi mesin berbeda dalam tiga musim mendatang: mesin Inline-4 yang diperbarui, mesin V4 yang baru, serta desain mesin 850cc untuk masa depan.
Managing Director Yamaha Motor Racing, Paolo Pavesio, mengungkapkan proyek ambisius ini selama sesi Shakedown di Sepang pada 31 Januari hingga 2 Februari 2025.
"Musim 2025 menjadi langkah penting bagi Yamaha. Kami mengembangkan versi terbaru YZR-M1 dengan konfigurasi Inline-4 sambil tetap bekerja pada mesin V4 yang sedang dalam tahap pengembangan," ujar Pavesio dalam wawancaranya dengan Crash.net.
BACA JUGA:Yamaha Perkenalkan Tim Baru dan Strategi Jangka Panjang di MotoGP 2025
BACA JUGA:Pol Espargaro Tampil Tercepat di Hari Pertama Shakedown MotoGP 2025
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: