Memahami Teknologi Pendidikan secara Kafah

Memahami Teknologi Pendidikan secara Kafah

ILUSTRASI memahami teknologi pendidikan secara kafah.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Pelatihan dan dukungan berkelanjutan sangat penting agar guru dapat memanfaatkan TP dengan optimal. 

Keempat, TP menggantikan peran guru. Salah satu ketakutan yang sering muncul adalah TP akan menggantikan peran dan fungsi guru. Faktanya, TP dirancang untuk mendukung dan memperkuat peran guru, bukan menggantikannya. Guru tetap memiliki peran sentral dalam membimbing, menginspirasi, dan menyesuaikan pembelajaran sesuai kebutuhan murid. 

Kelima, semua bentuk TP cocok untuk semua murid. Kenyataannya, tidak semua TP cocok untuk semua murid. Setiap murid memiliki kebutuhan, gaya belajar, dan preferensi yang berbeda. Karena itu, penting untuk memilih TP yang sesuai dengan kebutuhan individu dan konteks pembelajaran. 

Keenam, TP hanya relevan untuk pembelajaran online. TP sering dikaitkan dengan pembelajaran daring, tetapi sebenarnya TP juga sangat relevan dalam pembelajaran tatap muka. Misalnya, penggunaan papan tulis interaktif, aplikasi VR dan AR. 

Ketujuh, penerapan TP membutuhkan biaya tinggi. Muncul anggapan bahwa TP selalu membutuhkan investasi besar. Padahal, banyak solusi TP yang terjangkau atau bahkan gratis, yang bisa memanfaatkan teknologi yang tersedia sehingga dapat mengatasi kendala biaya.

Memahami dan mengatasi miskonsepsi tentang TP adalah langkah penting untuk memaksimalkan manfaatnya dalam proses pembelajaran. 

Dengan pemahaman yang lebih baik, guru, murid, dan pelaku pendidikan lainnya dapat bekerja sama untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih efektif dan inklusif. 

TP bukanlah tujuan akhir, melainkan tools yang seharusnya digunakan untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan. (*)

*) Moch. Abduh adalah staf ahli menteri pendidikan dasar dan menengah bidang teknologi pendidikan, dosen FKIP, Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan dosen FT, UPN Veteran Jakarta.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: