5 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Lolos SNBP

5 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Lolos SNBP

Informasi siswa lolos SNBP telah diumumkan, oleh karena itu penting bagi seseorang paham beberapa hal yang harus disiapkan sebelum menjadi mahasiswa resmi. --Pexels

HARIAN DISWAY - Pada 18 Maret 2025, pengumuman Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) resmi dirilis. Bagi Anda yang berhasil lolos, selamat! Itu adalah langkah awal menuju masa depan yang cerah. 

Lolos SNBP merupakan pencapaian besar yang patut dirayakan. Namun, setelah euforia kelulusan, ada beberapa hal penting yang perlu segera dilakukan. Supaya tahapan menuju perkuliahan berjalan lancar.

Berikut lima langkah yang harus Anda lakukan setelah dinyatakan lolos SNBP.

1. Cek dan pastikan status kelulusan di kampus tujuan

Setelah pengumuman SNBP, segera cek status kelulusan di situs resmi SNPMB dan website universitas tujuan.

Jika ada kesalahan ejaan nama, nomor induk, hingga prodi yang Anda ambil, segera hubungi pihak panitia SNBP atau kampus tujuan untuk melakukan perbaikan.

Pastikan pula Anda memahami informasi mengenai daftar ulang, dokumen yang dibutuhkan, serta tenggat waktu yang ditetapkan oleh kampus.

BACA JUGA:SNBP Unair 2025: Hanya 8,37% yang Lolos, Perempuan Mendominasi! Ini 10 Prodi Terfavorit

BACA JUGA:Pengumuman Hasil SNBP 2025 Pukul 15.00, Simak Cara Cek dan Daftar Link Resmi di Sini!

2. Segera lakukan registrasi dan daftar ulang


Proses daftar ulang merupakan tahap penting agar seseorang resmi menjadi mahasiswa. --Pexels

Proses daftar ulang merupakan tahap penting agar Anda resmi menjadi mahasiswa. Informasi itu akan diberikan di Instagram atau website PTN tujuan Anda.

Kampus yang Anda tuju biasanya akan meminta berbagai dokumen, seperti:

  • Ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK)
  • Pas foto
  • Kartu peserta
  • Akta lahir
  • Surat keterangan tanggungan orang tua
  • Bukti Pembayaran Listrik, Pajak Bumi Bangunan, dan Pajak Kendaraan

*Permintaan dokumen pendaftaran berbeda-beda di Setiap PTN, sesuai dengan kebijakan instansi.

Pastikan Anda mengunggah atau mengumpulkan dokumen tepat waktu. Daftar ulang itu bisa dilakukan secara online. Artinya, calon mahasiswa tidak perlu ke kampus untuk melakukan pendaftaran ulang.

Selalu pastikan bahwa Anda tahu alur waktu dan cara memasukan data. Agar tidak terjadi kesalahan teknis atau keterlambatan pendaftaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: