Pecah Rekor, KAI Layani 23 Juta Penumpang selama Periode Angkutan Lebaran 2025

Pecah Rekor, KAI Layani 23 Juta Penumpang selama Periode Angkutan Lebaran 2025

PT KAI Laporkan telah melayani 23 juta penumpang selama libur Idulfitri 1426 H/2025 M-PT KAI-

HARIAN DISWAY - Kereta Api Indonesia (KAI) Group melaporkan telah melayani 23.097.494 pelanggan selama periode angkutan Lebaran Idulfitri 2025 Masehi/1446 Hijriah (21 Maret hingga 7 April 2025) melalui berbagai moda transportasi kereta berbasil rel.  

Vice President Public Relations KAI, Anne Purba mengatakan, hal tersebut menjadi bukti nyata bahwa moda kereta api beserta seluruh layanannya merupakan pilihan utama masyarakat.

“Jumlah pelanggan yang luar biasa ini menunjukkan kepercayaan publik yang semakin tinggi terhadap sistem transportasi massal berbasis rel,” ujar Anne Purba.

Dari keseluruhan jumlah pelanggan tersebut, sebanyak 3.899.662 pelanggan merupakan pengguna kereta api lokal dan jarak jauh yang dioperasikan oleh KAI. Sementara KAI Commuter mendominasi dengan melayani 17.319.808 pelanggan.

BACA JUGA:Whoosh Layani 250 Ribu Penumpang selama Libur Lebaran, Rute Halim-Padalarang Paling Favorit

BACA JUGA:Kereta Api Jadi Primadona Mudik, Penumpang Arus Balik Membludak di Stasiun Pasar Turi Surabaya

Layanan lainnya adalah LRT Sumatera Selatan sebanyak 288.111 pelanggan, KAI Bandara sebanyak 390.475 pelanggan, KAI Wisata sebanyak 16.751, LRT Jabodebek sebanyak 875.648, KCIC Whoosh sebanyak 292.604, dan KA Makassar-Parepare sebanyak 14.435 pelanggan.

Guna mendukung tingginya mobilitas masyarakat, KAI Group menyediakan 59,2 juta tempat duduk, dengan 98 persen di antaranya dimasukkan ke kelas ekonomi.


Volume penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) pada wilayah kerja KAI Daop 1 Jakarta menunjukkan tren penurunan seiring telah berakhirnya puncak arus balik. -Ayu Novita-

Anne menyebut, geliat masyarakat selama masa angkutan Lebaran 2025 ini mencapai titik tertinggi. Berbagai moda transportasi mencatat rekor jumlah penumpang harian.

“KAI Group mencatat data penting yang menegaskan bahwa angkutan kereta tetap menjadi tulang punggung transportasi nasional, termasuk untuk perjalanan antarkota, perkotaan, hingga destinasi wisata,” tambahnya.

BACA JUGA:H-8 Lebaran, Penumpang Bus dan Kereta Api Meningkat, Pesawat Udara dan Kapal Laut Cenderung Turun

BACA JUGA:KAI Prediksi Puncak Arus Balik Lebaran 2025 Terjadi Minggu 6 April

Di antara beberapa jenis kereta api di bawah KAI Group yang mengalami puncak pergerakan pelanggan adalah Kereta Api Jarak Jauh. Tercatat puncak pergerakan tersebut terjadi pada 2 April 2025 dengan jumlah pelanggan sebanyak 223.348 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: