Brand Baru Surabaya: Apa Selanjutnya?

Brand baru “Surabaya: City of Heroes” resmi diperkenalkan pada Hari Jadi ke-732 Kota Surabaya sebagai wujud identitas dan semangat kepahlawanan yang terus hidup. --Canva
Brand City of Heroes bisa menjadi narasi yang menguatkan kerja sama tersebut, yang menunjukkan bahwa Surabaya adalah kota dengan karakter, nilai, dan kontribusi yang bisa ditawarkan kepada dunia. Kepahlawanan ini bisa menjadi corak tema kerja sama Surabaya di masa depan, misalnya dengan berfokus pada masyarakat yang resilien dan inklusif.
Ketiga, brand ini bisa menjadi insentif untuk membangun kepercayaan diri warga kota melalui pengembangan komunitas. Misalnya, dengan memberikan apresiasi ekstra kepada para penggerak komunitas seperti guru, seniman, atau pemuda yang menciptakan inovasi berdampak bagi lingkungan sekitarnya.
Ketika narasi kepahlawanan dikontekstualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, warga bisa melihat dirinya sebagai bagian dari perubahan. Hal ini sejalan dengan ide dari Insch dan Florek (2008) bahwa brand kota yang baik adalah yang sejalan dengan jiwa masyarakatnya.
BACA JUGA:Pameran EastFood & EastPack Surabaya 2025 Dorong Pelaku Industri Jatim Go Internasional
Dengan visi “Kota Dunia yang Maju, Humanis, dan Berkelanjutan,” Surabaya punya peluang besar menjadikan brand barunya sebagai penggerak perubahan. Tetapi tentu, semua itu hanya bisa tercapai jika branding tidak berhenti di meja birokrasi. Ia harus hidup di jalanan kota, di sekolah, di ruang kerja, dan di hati warganya.
Di sinilah letak tantangan dan peluang bagi Pemerintah Kota Surabaya. Jika ingin menjadikan brand barunya sebagai fondasi reputasi global, Surabaya perlu memosisikan kepahlawanan sebagai kekuatan moral dalam membentuk kebijakan progresif. Misalnya, membangun masyarakat tangguh terhadap bencana dan perubahan iklim bisa dipandang sebagai bentuk kepahlawanan baru.
Begitu pula dengan memperkuat kesetaraan gender, akses pendidikan bagi semua, atau memperluas jejaring kota melalui kerja sama internasional berbasis solidaritas dan keberlanjutan.
BACA JUGA:SMEX 2025: Surabaya Jadi Panggung Teknologi Musik Terbesar di Indonesia Timur
Akhirnya, ketika kita telah sukses menjawab pertanyaan apa brand baru Surabaya, pertanyaan lebih penting adalah: "apa yang akan dilakukan Surabaya dengan brand ini?" Di sanalah tantangan sejatinya berada. Tentu, kita semua berharap bahwa City of Heroes akan benar-benar menjadi simbol transformasi kota yang membawa Surabaya menuju kesuksesan di era globalisasi. (*)
Ario Bimo Utomo
*) Koordinator Program Studi Hubungan Internasional UPN Veteran Jawa Timur, Pakar Diplomasi Kota
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: ario bimo utomo