Khofifah Lepas 4 Ribu Pemudik Gratis

Khofifah Lepas 4 Ribu Pemudik Gratis

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, sedang melakukan foto selfie dengan pemudik yang mengikuti mudik gratis 2022.-Rahmat Chiky-

SURABAYA, DISWAY - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan 100 bus mudik gratis. Masing-masing berkapasitas 40 penumpang. Artinya, total peserta mudik gratis itu mencapai 4.000 orang.

 

Mereka berangkat dari titik awal frontage jalan Ahmad Yani sejak pukul 09.00 pagi, Kamis (28/4). Tepatnya di depan kantor Dinas Perhubungan Jatim. Mereka berangkat ke 15 kabupaten/kota. “Semua bus sudah dicek. Dan sopirnya sudah dites urine sebelumnya,” ujar Khofifah, mantan menteri sosial itu.

 

Mudik gratis tersebut merupakan program rutin yang diselenggarakan setiap Lebaran. Tetapi, aktivitas itu tidak dilakukan dua tahun belakangan lantaran pandemi Covid-19.

 

Kata Khofifah, program mudik itu bertujuan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas pada momen mudik Lebaran. Dia mengandaikan, seandainya 4 ribu orang itu mudik memakai kendaraan pribadi. Maka tidak terbayangkan kepadatan yang bakal terjadi. Pun jika memakai transportasi umum. Tentu terminal maupun stasiun menjadi padat.


Mudik Gratis 2022 resmi dibrangkatkan dari kantor Dishub Jatim, Surabaya, Jawa Timur 28 April 2022. Sekitar 100 bus terparkir sesuai jurusan atau tujuan daerah asal masing-masing sejak pukul 06.00 WIB.-Rahmat Chiky-

 

Pendaftaran program mudik gratis itu dibuka sejak 21-24 lalu. Rute yang ditawarkan adalah Surabaya-Tulungagung, Surabaya-Trenggalek, Surabaya-Magetan, Surabaya-Madiun, Surabaya-Ngawi, Surabaya-Ponorogo, Surabaya Pacitan, dan Surabaya-Jember.

 

Ada juga juga Surabaya-Jember-Banyuwangi, Surabaya-Situbondo-Banyuwangi, Surabaya-Tuban, Surabaya-Sumenep, Surabaya-Bojonegoro, Surabaya-Bondowoso, Surabaya-Malang-Blitar, dan terakhir Surabaya-Nganjuk.

 

“Jadi ini solusi. Bentuk komitmen Pemprov Jatim memberi layanan publik,” ujar Khofifah. Begitu juga dengan dua hari lalu. Ada program mudik gratis kali pertama dari Jakarta. Sebanyak 10 bus dengan 8 tujuan kabupaten/kota di Jatim. Khusus bagi warga Jatim yang merantau di Jakarta dan sekitarnya. (Mohamad Nur Khotib)

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: