Hari Pelanggan Nasional 4 September 2025: Tema Terbaru, Tujuan, dan Sejarah

Hari Pelanggan Nasional 4 September 2025: Tema Terbaru, Tujuan, dan Sejarah

Simak tujuan, tema terbaru, dan sejarah Hari Pelanggan Nasional tanggal 4 September 2025. - harpelnas - Instagram

HARIAN DISWAY - Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September 2025 adalah momentum penting dalam dunia perdagangan. Sebab, bisnis tak akan berjalan tanpa campur tangan pelanggan. 

Pelanggan punya peran penting dalam menentukan berlanjut atau tidaknya bisnis, baik yang bergerak dalam bidang produk maupun jasa. Tiap 4 September itulah peran mereka diingat kembali oleh para pelaku usaha.

Tidak heran jika pada 4 September, mayoritas pelaku usaha melakukan promosi atau malah membuat event khusus sebagai bentuk penghargaan mereka terhadap para pelanggan yang selalu mendukung bisnisnya.  

Karena rutin diperingati setiap tahun, Hari Pelanggan Nasional hadir dengan berbagai tema khusus. Yuk kita simak penjelasan lengkap terkait tema, tujuan, sejarah, dan cara memperingatinya.

BACA JUGA:Long Weekend Maulid Nabi 2025: Jadwal Libur dan Perbedaan Tanggal Antara NU dan Muhammadiyah


Simak tujuan, tema terbaru, dan sejarah Hari Pelanggan Nasional tanggal 4 September 2025. - harpelnas - Instagram

1. Sejarah dan Tujuan Hari Pelanggan Nasional  

Hari Pelanggan Nasional dicetuskan oleh Handi Irawan. Dia adalah CEO Frontier Group. Tujuan peringatan tiap 4 September adalah menegaskan kembali simbiosis antara pelaku bisnis dan pelanggan. 

Hari Pelanggan Nasional mengajak para pelaku bisnis untuk selalu meningkatkan layanan dan mengutamakan kebutuhan pelanggan. Meskipun, kini tantangannya bertambah dengan kehadiran Artificial Intelligence (AI). 

Sesungguhnya, AI bisa mempermudah para pelaku bisnis dalam upaya mereka untuk menjadi lebih responsif terhadap pelanggan. Paling tidak, keluhan-keluhan pelanggan bisa diatasi dengan lebih cepat. 

BACA JUGA:Hari Maritim Nasional 2025: Tanggal 21 Agustus atau 23 September? Ini Penjelasan Lengkapnya

Hari Pelanggan Nasional diresmikan pada 4 September 2003 oleh Megawati Soekarnoputri. Ketika itu, sekitar 200 jajaran direktur utama dari berbagai perusahaan ikut menyaksikannya.

Kini, setelah 22 tahun berlalu, Hari Pelanggan Nasional tetap selalu digaungkan oleh banyak perusahaan swasta, multinasional, dan badan usaha milik negara. 

2. Tema Hari Pelanggan Nasional 4 September 2025

Tahun ini, tema Hari Pelanggan Nasional adalah ThinkCustomer. Tema itu sekaligus sebagai harapan supaya Board of Director (BOD) dan Chief Executive Officer (CEO) mau berinteraksi langsung dengan pelanggan. 

Tema itu disebarluaskan lewat Instagram resmi @harpelnas. Tagar yang bisa digunakan adalah ThinkCustomer, HarPelNas, HariPelanggan, HarPelNas2025, HariPelangganNasional, ServiceQualityAward, dan SQA. 

3. Cara Memperingati Hari Pelanggan Nasional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: instagram harpelnas