BRIsat Jadi Tulang Punggung Layanan BRI Saat Bencana di Sumatra
BRI jaga layanan perbankan di daerah bencana Sumatra lewat satelit BRIsat dan protokol BCM yang andal.-BRI-BRI
SIBOLGA, HARIAN DISWAY – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) memastikan layanan perbankan tetap beroperasi di wilayah terdampak banjir bandang di Sumatra berkat penerapan Manajemen Kelangsungan Usaha (Business Continuity Management/BCM) yang tangguh.
Di tengah lumpuhnya jaringan seluler dan putusnya kabel fiber optik, BRI mengandalkan infrastruktur satelit BRIsat untuk menjaga konektivitas dan kelangsungan layanan.
Kantor Cabang BRI Sibolga menjadi salah satu titik kritis yang tetap terhubung dengan kantor wilayah dan pusat melalui jaringan satelit.
Melalui koneksi BRIsat, unit kerja tersebut mampu melakukan koordinasi cepat dengan posko pusat dan pemerintah daerah, memfasilitasi penarikan tunai darurat, menyalurkan bantuan kemanusiaan, serta menyampaikan informasi lapangan secara real-time.
Direktur Manajemen Risiko BRI Mucharom menegaskan bahwa keandalan BRIsat dalam situasi ekstrem mencerminkan kesiapan infrastruktur digital BRI dalam menjaga layanan keuangan di seluruh pelosok negeri.
BACA JUGA:BRI Genap 130 Tahun: Lahir dari Kas Masjid, Kini Jadi Pilar Ekonomi Nasional
BACA JUGA:BRI Rilis Indeks Bisnis UMKM Q3-2025, Tunjukkan Ekspansi dan Optimisme Pelaku Usaha
“BRIsat dirancang untuk memastikan jaringan BRI tetap terhubung kapan pun dan di mana pun, termasuk dalam kondisi darurat. Ketika jaringan komunikasi umum tidak berfungsi akibat bencana, sistem satelit kami memastikan masyarakat tetap memiliki akses terhadap layanan keuangan,” ujarnya.
“BRIsat adalah simbol ketangguhan infrastruktur digital BRI dalam mendukung inklusi keuangan, menjaga stabilitas layanan, dan memperkuat peran BRI sebagai penghubung ekonomi rakyat di seluruh Indonesia,” lanjutnya.
Dengan jangkauan lebih dari 7.000 unit kerja, termasuk di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar), BRI terus memperkuat komitmennya terhadap akses layanan keuangan yang andal dan inklusif.
Melalui kerangka BCM yang komprehensif, BRI segera mengaktifkan Business Continuity Plan (BCP) di unit kerja terdampak. Integrasi BCP dengan sistem komunikasi satelit memungkinkan transaksi penting, koordinasi operasional, dan layanan darurat tetap berjalan, meskipun infrastruktur komunikasi terestrial terputus.
Selain memastikan kelangsungan layanan, BRI melalui program BRI Peduli juga menyalurkan bantuan tanggap bencana di wilayah Sumatra.
BACA JUGA:Tata Kelola Terbaik, BRI Kembali Dinobatkan di Ajang CGPI 2024
BACA JUGA:BRI Gandeng SOGO, UMKM Masuk Ritel Modern lewat Grand Launching di Central Park
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: