Pelayanan Commuter Line di wilayah 8 Surabaya terpantau sangat ramai. Hal ini tidak mengherankan mengingat hari ini merupakan puncak arus balik mudik Lebaran tahun 2024. Hingga pukul 14.00 WIB, KAI Commuter telah melayani 42.698 orang di Wilayah 8 Surabaya, Jawa TImur, Senin, 15 April 2024.
Jumlah volume pengguna Commuter Line Surabaya menjelang berakhirnya masa cuti Lebaran tahun ini (6-15/4) mencapai total 392.069 orang. Angka ini mencerminkan tingginya minat masyarakat dalam menggunakan Commuter Line baik untuk mudik, bersilaturahmi, ataupun berwisata.
Kemarin, 14 April 2024, volume pengguna Commuter Line Wilayah 8 Surabaya mencapai 44.243 orang, menjadi volume tertinggi kedua selama bulan April 2024. Stasiun yang paling ramai pengguna tetap dipegang oleh Stasiun Surabaya Gubeng dengan jumlah 99.246 orang, terhitung dari tanggal 6 hingga 14 April 2024. Disusul oleh Stasiun Sidoarjo dengan 53.424 orang, Stasiun Wonokromo 46.899 orang, Stasiun Surabaya Pasar Turi 39.410 orang, dan Stasiun Malang 43.167 orang.
KAI Commuter mencatat 5 stasiun dengan volume pengguna tertinggi di Wilayah 8 Surabaya sepanjang tahun 2024 (hingga Maret 2024), yaitu Stasiun Surabaya Gubeng dengan pengguna mencapai 448.839 orang, Stasiun Wojo 273.425 orang, Stasiun Malang 259.101 orang, dan Stasiun Sidoarjo 211.915 orang. Untuk angkutan Lebaran tahun ini periode 31 Maret hingga 14 April, KAI Commuter telah melayani total pengguna mencapai 570.760 orang.
Dari data yang terkumpul sepanjang tahun 2024, pengguna Commuter Line Wilayah 8 Surabaya pada masing-masing jalur mencapai angka 3.964.339 orang. Jalur-jalur tersebut antara lain Commuter Line Dhoho (602.569 orang), Commuter Line Penataran (288.530 orang), Commuter Line Blorasura (345.134 orang), Commuter Line Supas (357.835 orang), Commuter Line Arjonegoro (298.468 orang), Commuter Line Jenggala (120.946 orang), Commuter Line Sindro (206.432 orang), serta jalur kombinasi antara Dhoho dan Penataran, serta sebaliknya, yang mencapai total 1.545.280 orang.
Untuk reservasi dan pembelian tiket, pengguna dapat melakukannya melalui Access by KAI paling lambat H-7 sebelum keberangkatan, atau pada hari H selama tiket masih tersedia di loket. Terdapat 25 stasiun yang melayani penjualan tiket go show di loket, 13 stasiun yang melayani pembatalan dan ubah jadwal, serta 33 stasiun mandiri yang melayani tiket melalui aplikasi Access by KAI. Persentase penggunaan aplikasi Access by KAI di wilayah 8 Surabaya saat ini mencapai 94%, sementara untuk pembelian tiket (Go Show) mencapai 6%. KAI Commuter mengingatkan kembali agar para pengguna untuk datang lebih awal sebelum jadwal keberangkatan.
KAI Commuter juga mengimbau kepada para pengguna untuk menjaga keselamatan selama perjalanan menggunakan Commuter Line, pastikan selalu dalam kondisi fit saat bepergian. Dengan peningkatan pengguna selama arus balik liburan Angkutan Lebaran ini, para pengguna diharapkan selalu memperhatikan barang bawaan mereka dan menjaga serta mengawasi putra dan putri mereka selama perjalanan. (Julian Romadhon/Harian Disway)