Lita Machfud Arifin Kaget Hasil Survei

Senin 30-05-2022,04:00 WIB
Reporter : Salman Muhiddin
Editor : Noor Arief Prasetyo

SURABAYA, DISWAY.ID- lembaga Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) mengeluarkan hasil survei potret elektabilitas parpol dan calon anggota legislatif (caleg) menjelang pemilihan umum serentak 2024. Nama Lita Machfud Arifin muncul di peringkat ke-12 survei Pileg DPR RI  dapil Jatim 1 (Surabaya-Sidoarjo).

Banyak yang terkejut dengan hasil tersebut. Termasuk Lita, istri Kapolda Jatim (2016–2018) Machfud Arifin itu sendiri. ”Saya juga enggak tahu ada survei itu. Tiba-tiba muncul nama saya di peringkat ke-12,” kata Lita kepada Harian Disway Minggu, 9 Mei 2022.

Para incumbent masih mengisi peringkat 10 besar. Politikus PDIP Bambang Dwi Hartono jadi pemuncak. Sementara itu, Bambang Haryo Soekartono yang ikut Pilkada Sidoarjo 2020 masuk di posisi ke-4. 

Lita berada di posisi ke-12 dengan hasil survei 1,2 persen. Posisinya tepat di bawah anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI Lucy Kurniasari yang memperoleh 1,5 persen. Di posisi ke-13 dan ke-14 terdapat nama Andi Budiman dari PSI dan kader Nasdem Vinsensius Awey.

Ada banyak parpol yang menawari Lita ikut pileg. Banyak pula yang ditolak. Sikapnya berubah ketika muncul tawaran dari Nasdem.

Ketua DPW Nasdem Jatim Sri Sajekti Sudjunadi atau yang akrab disapa Bunda Janet menemuinya di Jakarta. Lita yang didampingi sang suami Machfud Arifin (MA) ngobrol dengan Janet dari pagi sampai sore.

Janet memotivasi Lita agar ikut kontestasi Pileg 2024. Ia menggeluti kegiatan sosial selama 30 tahun di berbagai lembaga. Terutama Bhayangkari. Selama Pilwali Surabaya 2020, ia juga turut terjun ke permukiman padat penduduk di pinggiran kota. Kegiatan turun ke masyarakat tidak berhenti pada mendulang suara dalam pilwali.

”Awal mengiyakan Pak MA. Kamu suka bantu orang. Kamu niati saja, masuk DPR RI dengan niatan yang tulus itu,” ujar Lita menirukan ucapan suaminyi. MA sudah memutuskan untuk tidak ikut nyaleg meski peluangnya begitu besar.

Lita sudah punya modal besar di Surabaya. PR terbesarnya ada di Sidoarjo. Namun, ia kaget ketika mengetahui bahwa hasil survei menunjukkan suaranyi di Sidoarjo juga berkembang.

Dalam dua tahun ke depan, Lita menargetkan suaranya terkerek hingga 10 besar. Kegiatan sosialnya bakal diperluas hingga Kota Delta.

Lita Machfud Arifin saat menjenguk Aisyah Azahra, penerita hidrosefalusasal RT 06 RW 04, Desa Waru, Kecamatan Waru, Sidoarjo, Sabtu ( 21 Mei 2022).

Lita mengunjungi Aisyah Azzahra, penderita hidrosefalus asal Waru, Sidoarjo, Sabtu, 21 Mei 2022. Lita ikut donasi yang diusung anak-anak muda Sidoarjo. Selain membantu pengobatan hingga operasi, Lita menanggung biaya hidup Aisyah. 

”Dengan menjadi wakil rakyat di Senayan, skala dan akses untuk membantu rakyat bisa lebih besar,” ungkap Lita.  (*)

 

Kategori :

Terkait