Wapres Kiai Maruf dan Gubernur Khofifah Lepas Haji Kloter Pertama Jatim

Sabtu 04-06-2022,13:36 WIB
Reporter : Guruh Dimas Nugraha
Editor : Salman Muhiddin

SURABAYA, HARIAN DISWAY -  SURABAYA, HARIAN DISWAY - Rombongan jamaah haji kloter pertama Jatim telah hadir pada pukul 07.00 pagi di Terminal 2 Bandara Udara Juanda, Sabtu, 4 Juni 2022. Mereka langsung diarahkan ke pesawat Saudi Airlines. Keberangkatan mereka dilepas oleh Wapres Maruf Amin dan Gubernur Khofifah. 

 

Tak terlihat raut mengantuk atau lelah di wajah para jamaah haji. Padahal, persiapan keberangkatan telah dilakukan sejak dini hari, ketika mereka berada dalam Asrama Haji Sukolilo, Surabaya. 

 

Banyak di antara mereka yang tersenyum dan melambaikan tangan ketika melewati awak media. “Doakan, ya. Semoga kami menjadi haji mabrur,” ujar salah seorang jamaah asal Tuban, In Sulistyowati.

 

Beberapa jamaah disabilitas berjalan paling akhir dengan dibantu petugas bandara. Wajah mereka pun terlihat cerah. Salah satunya bernama Solikhul Hadi, 58 tahun, berkursi roda. “Assalamu’alaikum. Tetap semangat!,” katanya kepada awak media. 

 


Jamaah haji kloter pertama menuju pesawat di Bandara Juanda, Sabtu, 4 Juni 2022.-Boy Slamet/Harian Disway-

 

Mereka mulai bersiap-siap sejak pukul 2 pagi di Asrama Haji. Kemudian diantar ke Bandara Juanda. Terdapat sekitar 10 bus yang berisikan para jamaah. “Hari ini yang akan berangkat ke Tanah Suci sejumlah 449 jamaah," ujar Humas Bandara Juanda, Yuris Ardhi Hanggoro.

 

Keberangkatan mereka termasuk kloter pertama. Ketika tiba di Asrama Haji pada 3 Juni lalu, mereka didampingi empat petugas. Yakni dokter, paramedis dan Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI). 

 

Keberangkatan mereka dilepas oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin. Ia didampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Mobil rombongan wapres tiba sekitar pukul 7.30 WIB. Tampak, wapres dan gubernur langsung menuju pesawat Saudi Airlines.

 

Wapres dan Gubernur Jatim masuk ke dalam pesawat selama beberapa menit. Kemudian turun dan memberikan komentar. “Alhamdulillah, kali ini jamaah yang berangkat sejumlah 449. Umumnya dari Tuban. Sebagian lagi dari Bojonegoro,” ujar Ma'ruf.

 

Lebih lanjut, wapres menyampaikan bahwa keberangkatan tersebut merupakan keberangkatan pertama kali jamaah haji setelah dua tahun tak ada keberangkatan akibat pandemi. “Secara keseluruhan tahun ini ada seratus ribu lima belas jamaah. Semoga tahun depan bisa normal kembali seperti sedia kala,” ungkapnya.

 

Untuk kesiapan, Ma’ruf menyebut bahwa segalanya telah dipersiapkan dengan maksimal. Mulai dari kesehatan, pendampingan dan segala aspek lainnya. “Pemerintah Saudi menganggap jamaah Indonesia paling baik. Karena segalanya telah kami persiapkan dengan baik dan maksimal,” ungkap pria 79 tahun itu. 

 

Wapres mengimbau para jamaah agar menjaga kesehatan dan berhati-hati dengan cuaca terik di Tanah Suci. “Di sana cuacanya sedang panas. Jaga kesehatan, karena Covid belum sepenuhnya hilang,” ujarnya. 

 

Pesawat Saudi Airlines yang mengangkut kloter pertama jamaah haji take off pada Pukul 8.31 WIB. (*) 



Kategori :