State Street Dipenuhi Hantu

Rabu 03-11-2021,09:00 WIB
Editor : Heti Palestina Yunani

Parade itu berlangsung hingga pukul delapan malam. Setelah itu masyarakat pulang ke rumah masing-masing. ”Esoknya, tanggal 31 Oktober, adalah hari terakhir perayaan Halloween. Saya memilih pergi ke Navy Pier untuk menyaksikan tradisi di sana,” ungkap perempuan asli Yogyakarta itu.

Navy Pier adalah sebuah dermaga yang menjadi tempat wisata. Letaknya di tepi Danau Michigan, Chicago, AS. Halloween tahun ini, pengelola mengadakan acara ”1000 Pumpkins” selama satu bulan penuh. Sejak 1 Oktober. ”Setiap sudut dibuat patung hantu atau pernak-pernik seram lainnya ala penyihir. Di bagian bawah diletakkan labu-labu yang diukir,” ujarnya.

Ratusan, bahkan ribuan labu berukir wajah hantu memenuhi sudut Navy Pier. Bahkan di tepi dermaga. Ketika sebuah kapal pesiar bersandar, para penumpang di atas kapal juga turut menikmati objek-objek labu dan patung hantu di Navy Seal. ”Di dalam labu itu ada lampunya. Saya ada di sana sampai pukul tujuh malam. Semarak dengan lampu labu yang samar,” ungkapnya.

Hiasan Haloween di salah satu sudut Navy Pier yang terletak di tepi Danau Michigan. (Tri Wulandari untuk Harian Disway)

Saat Halloween, bukankah ada tradisi anak-anak kecil yang datang mengetuk pintu lalu meminta permen? ”Ada. Kunjungan mereka terjadi pada 31 Oktober. Memakai pakaian hantu. Lucu-lucu tampangnya. Biasanya mereka datang ketika siang,” ungkapnya.

Anak-anak itu mengetuk pintu, setelah dibuka oleh pemilik rumah, mereka berteriak, ”Trick or treat”. Kemudian sang pemilik rumah akan memberikan kue atau permen. Sedangkan orang tua anak-anak itu tak mau ketinggalan. Mereka mengawasi dari jauh sambil mengenakan pakaian hantu pula. ”Kalau pada tanggal 31 hendak bepergian seharian, biasanya permen, cokelat dan kue-kue diletakkan di depan rumah,” ujarnya.

Begitulah tradisi Halloween yang diselenggarakan masyarakat Amerika Serikat tiap akhir Oktober. Berakhirnya Halloween dan Oktober berarti berakhirnya musim gugur. Warga AS bersiap menyambut musim salju. ”Akhir tahun akan ada festival lagi yakni Natal. Mereka juga punya acara tahunan untuk merayakannya,” pungkasnya. (Heti Palestina Yunani-Guruh Dimas)

Tags :
Kategori :

Terkait