Semua Bisa Mengajukan Podcast lewat Instagram

Selasa 23-11-2021,08:44 WIB
Editor : Doan Widhiandono

Pemerintah tak ingin kecolongan seperti tahun lalu. Kasus Covid-19 yang mulai melandai tiba-tiba mengalami lonjakan seiring dengan meningkatnya kegiatan masyarakat. 

Ramah tamah Armuji (kanan) bersama Kentaro Budhiarto setelah rekaman podcast.
(Foto: Salman Muhiddin-Harian Disway)


Armuji lalu menanyakan pelajaran apa yang paling sulit selama daring? Kentaro merasa pelajaran Matematika paling susah.

Aku yo paling gak iso matematika biyen. Tak tinggal nang warung pas pelajaran (Saya juga tidak bisa matematika dulu. Saya pergi ke warung saat pelajaran),” kenang Cak Ji. Namun, ia meminta Kentaro tidak menirunya. Sebab, kemampuan matematika sangat dibutuhkan di bidang apa pun.

Armuji juga menanyakan cita-cita Kentaro. Meskipun usianya masih 13 tahun, ia sudah ingin jadi pengusaha. Katanya, biar bisa membuka lapangan kerja untuk sesama. “ Nggak pingin jadi politisi atau YouTuber ?” tanya Cak Ji.

Kentaro masih lebih memilih jadi pengusaha. Ia justru balik bertanya ke Armuji. Apa enaknya jadi politisi dan YouTuber ?

Armuji melakoni dua peran itu. Politisi yang juga YouTuber . YouTube yang ia rintis dua bulan lalu sudah diikuti 3,88 ribu subscribers . Sudah mengunggah 144 video. Ditonton 349.841 kali.

Sang wawali menerangkan bahwa politisi punya peluang menjadi anggota dewan, kepala daerah atau bahkan presiden. Bergabung dengan partai politik, kesempatan untuk membantu sesama lebih terbuka. “Kalau aktif di medsos itu sudah jadi keharusan. Saya sudah tua, tapi harus mengikuti perkembangan teknologi,” ujarnya.

Armuji punya tim khusus yang tidak dimiliki wali kota. Ada belasan tim kreatif yang ia bina di rumah dinas itu. Ia juga punya studio khusus untuk podcast . Tamunya kepala daerah, anggota dewan, legenda ludruk Kartolo, YouTuber Bayu Skak, tokoh Bonek Andi Peci, hingga dua pemain muda Persebaya Risky Ridho dan Supriadi.

Katanya, siapa pun bisa masuk podcast -nya. Mereka bisa request lewat Instagram seperti Kentaro. Jika tema yang diajukan menarik, mereka bisa diundang ke rumah dinas untuk podcast

Armuji juga sering viral di medsos. Terutama di TikTok. Videonya saat menyidak rumah yang akses jalannya ditutup tembok ditonton sebanyak 1,4 juta kali

Ia juga membuat tutorial bertemu wawali yang ditonton 324 ribu kali. Dalam video itu, petugas keamanan dilarang memberinya hormat. Mereka diminta hormat ke bendera yang sudah dipasang. “Kita bukan militer. Jadi biasa saja,” kata Armuji menegur petugas.

Armuji punya keinginan yang belum tercapai. Jika Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mampir ke Surabaya, ia ingin sekali mengajaknya podcast. ”Aku pingin ngobrol banyak. Semoga kesampaian,” kata politisi PDIP itu.

Hingga kemarin, akun Instagram-nya sudah memiliki 25,4 ribu pengikut. TikTok lebih banyak: 26,1 ribu. Sementara YouTube baru 3.880 pengikut.

Banyak yang menyindir Armuji sudah overlap karena lebih aktif dari Wali Kota Eri Cahyadi di medsos. Namun ia memastikan bahwa kegiatannya sudah sepengetahuan sang wali kota. “Mas Eri enggak ada masalah. Malah dengan begini kita saling berbagi tugas. Yang penting untuk Surabaya,” kata pria kelahiran 8 Juni 1965 itu. (Salman Muhiddin)

 






Tags :
Kategori :

Terkait