Saran Jokowi: Zelenskyy Harus Ngobrol dengan Putin

Kamis 30-06-2022,10:19 WIB
Reporter : Salman Muhiddin
Editor : Doan Widhiandono

KIEV, HARIAN DISWAY - SUDAH banyak pimpinan negara yang berkunjung ke Kiev untuk bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sejak empat bulan invasi Rusia. Namun, pengawalannya tak ada yang seketat kunjungan Jokowi, kemarin, 29 Juni 2022.

“Setengah jalanan kota Irpin ditutup. Begitu juga di Kiev. Pasukan elite TNI ada di mana-mana,” ujar kontributor Harian Disway di Kiev, Bud Wichers dalam sambungan telepon tadi malam. Berdasar keterangan Biro Setpres RI pekan lalu, Jokowi dikawal oleh 39 anggota pasukan elite TNI.

Pengawalannya tak seketat 16 Juni lalu. Padahal saat itu ada empat pimpinan negara yang datang ke Kiev: Kanselir Jerman Olaf Scholz, Perdana Menteri Italia Mario Draghi, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Presiden Rumania Klaus Iohannis. 

Budi mengatakan, pertemuan Jokowi dengan Zelenskyy sangat singkat. Tidak sampai 20 menit. Namun Jokowi menyampaikan harapan banyak orang. “Dia meminta Zelenskyy mau membuka komunikasi dengan Putin,” ujar jurnalis Belanda yang sudah dua tahun tinggal di Surabaya itu.

Seusai dari Kiev, rombongan Jokowi langsung ke Moskow untuk bertemu Putin. Presiden Jokowi pasti meminta hal yang sama. Sudahi peperangan ini. Yang berperang dua negara, yang susah seluruh dunia. (Salman Muhiddin)

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana berada di depan Apartemen Lipky di kota Irpin. Mereka didampingi Wali Kota Irpin Alexander Grigorovich Markushin. -Setpres RI-

Kategori :