Pencarian Korban Jembatan Runtuh Gujarat India Dihentikan

Jumat 04-11-2022,14:21 WIB
Reporter : Alma Dhyan Kinansih
Editor : Salman Muhiddin

GUJARAT, HARIAN DISWAY - Ratusan wisatawan tewas saat Insiden Jembatan Runtuh di Gujarat India, Minggu, 30 November 2022. Jumlah pastinya masih rancu. Ada yang menyebut 131 orang. Ada pula yang sampai 144.

Evakuasi terus dilakukan hingga Rabu, 2 Oktober 2022. Kabarnya masih ada satu orang yang hilang. Sehari setelahnya pemerintah setempat menghentikan proses pencarian.

"Dalam laporan polisi, sudah tidak ada lagi orang hilang. Semuanya telah ditemukan. Oleh karena itu, diambil keputusan untuk membatalkan operasi pencarian," ujar GT Pandya, pejabat administrasi senior di Morbi.

Tim penyelamat memakai perahu karet dalam proses pencarian selama tiga hari. Jembatan kabel dengan usia lebih dari seabad itu runtuh, setelah ditutup 7 bulan untuk perbaikan. Jembatan putus karena karena tak mampu menahan beban.

Jembatan Morbi yang mengantarai Sungai Machchhu di Gujarat, India, runtuh pada hari minggu jam 6 sore waktu setempat. Menurut laporan resmi, ada sekitar 150 orang yang ada di atas Jembatan Morbi saat insiden tersebut terjadi. Lebih dari 80 orang telah diselamatkan, ungkap menteri negara, Brijesh Merja. 

Cuplikan video yang beredar memperlihatkan banyak orang sedang bergelayutan di beberapa bagian jembatan untuk berusaha menyelamatkan diri. Ada yang memanjat ke bagian atas jembatan untuk merangkak ke daratan. 

“Jembatan itu adalah milik pemerintah kota Morbi, tetapi kami telah menyerahkannya kepada Oreva Group beberapa bulan lalu untuk pemeliharaan dan pengoperasian selama 15 tahun. Namun, perusahaan swasta itu membuka jembatan untuk pengunjung tanpa memberi tahu kami dan oleh karena itu, kami tidak dapat melakukan audit keselamatan jembatan,” jelas Sandeep Singh Zala, kepala petugas kota Morbi.

Di sisi lain, Oreva group juga angkat bicara mengenai tragedi tersebut, “Sementara kami menunggu informasi lebih lanjut, menurut dugaan, jembatan itu runtuh karena terlalu banyak orang di bagian tengah jembatan yang mencoba untuk menggoyangkannya dari satu arah ke arah yang lain,” ujar juru bicara Oreva group pada Indian Express.

Operasi keselamatan telah dilakukan sejak Minggu malam hari. Dengan bantuan kapal dan penyelam, pemerintah berharap bisa menemukan lebih banyak orang hilang yang menjadi korban tragedi Jembatan Morbi. 

Para tentara dari tentara angkatan darat dan laut India juga dikerahkan untuk memaksimalkan pencarian. Pihak berwajib menutup aliran sungai ke bendungan agar sungai mengering. 

Jembatan morbi sendiri adalah jembatan yang telah berusia 150 tahun. Pembangunannya merupakan ide dari Sir Waghji Thakor, yang terinspirasi dari pengaruh kolonial di masa pemerintahannya. 

Panjangnya mencapai 233 meter di atas Sungai Machchhu.  Jembatan tersebut menghubungkan Istana Darbargadh dan Universitas Teknik Lakhdhirji. (Alma Dhyan Kinansih)

Kategori :