Mercedes Kembali Mendominasi di Sesi Latihan Bebas Pertama GP Abu Dhabi

Sabtu 19-11-2022,10:18 WIB
Reporter : MA. Fauzan Al Riyadh Panjaitan
Editor : Salman Muhiddin

ABU DHABI, HARIAN DISWAY -  Mercedes kembali melanjutkan tren positif di latihan bebas pertama dimana kedua pembalapnya, Lewis Hamilton dan George Russell mencatatkan waktu tercepat dan menduduki posisi satu-dua. Capaian itu dirahi di  sirkuit Yas Marina Abu Dhabi, pada Jumat, 18 November 2022.

Hamilton menjadi yang terdepan dengan catatan waktu 1.26.633 diikuti kompatriotnya, Russell di posisi kedua.

Jarak waktu kedua pembalap Mercedes sebenarnya cukup tipis, dengan keunggulan Hamilton 0,220 detik atas Russell, di kondisi sore hari yang cukup panas. Hal itu masih tidak menjamin bagi keduanya mengingat kualifikasi dan balapan digelar saat matahari terbenam.

Pertarungan terjadi di belakang duet Mercedes, Charles Leclerc dan Sergio Perez yang memperebutkan posisi dua klasemen. Keduanya berakhir di urutan ketiga dan keempat, terpisah jarak dibawah sepersepuluh detik.

Liam Lawson, pembalap muda asal Selandia Baru mendapatkan hasil impresif di posisi kelima, terpaut beberapa detik dari seniornya, Sergio Perez. Satu satunya Lawson hanya muncul saat  overshot di kotak pit stopnya. Hal itu dapat dimaklumi karena ia masih terbiasa mengemudi mobil bertipe formula dua.

Sebastian Vettel harus puas menempatkan Aston Martin di urutan keenam, dan bertengger di depan pembalap muda Ferrari, Robert Shwarztsman. Urutan delapan diperoleh Daniel Ricciardo yang akan meninggalkan ajang formula satu musim depan.

Pembalap Alfa Romeo, Valtteri Bottas dan Williams, Alex Albon melengkapi posisi sepuluh besar. Disusul pasangan Alpha Tauri, Pierre Gasly dan Yuki Tsunoda yang mengapit Esteban Ocon yang berada di posisi 12.

Robert Kubica mengakhiri putaran sesi pertamanya sejak akhir pekan GP Hungaria di urutan 14, disusul calon pembalap Williams musim depan, Logan Sargeant yang menambah bonus lisensi supernya dengan menempuh jarak lebih dari 100 km, meskipun mengalami insiden spin di tikungan pertama.

Posisi berikutnya diisi oleh Pembalap Haas, Kevin Magnussen dan Pietro Fittipaldi di urutan 16 dan 17. Keduanya membuat pembalap Alpha Tauri, Gasly begitu marah karena kesulitan mencari udara segar di menit-menit akhir sesi pertama.

Pato O’ward harus pasrah kembali ke garasi setelah beberapa putaran di sesi pertama karena performanya yang buruk. Setelah beberapa waktu, ia kembali dan mencatatkan diri di urutan 18. Dibelakangnya, Jack Doohan mengalami masalah mesin di tengah jalan sesi pertama. Ia pun harus lebih awal masuk pit, dengan Felipe Drugovich mengunci posisi terakhir.

Latihan bebas ini juga menjadi ajang untuk menurunkan pembalap rookie dan reserve driver, dengan tidak kurang delapan dari sepuluh tim melakukannya dalam waktu satu jam. Aturan ini diwajibkan untuk memenuhi aturan calon debutan F1 di masa mendatang, dengan turun di lintasan sesi latihan bebas pertama beberapa kali dalam satu musim.

Red Bull memberikan kans kepada Juara Dunia formula dua (F2), Liam Lawson dengan menggunakan mobil Verstappen. Sementara itu, Runner-up F2 2021, Robert Shwartzman mencatatkan waktu lintasan lebih banyak saat menggantikan Carlos Sainz. Di kubu McLaren, mereka memberikan kokpit Lando Norris kepada bintang IndyCar Pato O’Ward.

Perubahan lain juga dilakukan oleh Aston Martin dengan memberikan debut sesi pertama kepada juara dunia F2 musim ini, Felipe Drugovich. Williams memasukkan nama Logan Sargeant dengan harapan dapat segera promosi di tim utama. Jack Doohan memberikan waktu tempuh lebih banyak untuk Alpine.

Tim pabrikan asal Amerika, Haas akhirnya kembali mengeluarkan pembalap mudanya, Pietro Fittipaldi. Mantan pembalap formula satu, Robert Kubica juga ikut turun untuk membela Alfa Romeo. (Affan Fauzan)

Tags :
Kategori :

Terkait