Kreatif! Kemampuan Siswa Sekolah Ubah Tipe X Jadi Motor Balap

Selasa 21-02-2023,22:22 WIB
Reporter : Putri Oktavianus Loeran
Editor : Mohamad Nur Khotib

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Kreatifitas anak bangsa pastinya tidak bisa dihindari terutama di generasi saat ini. Benda apapun mereka mampu rubah menjadi karya yang luar biasa. Sama halnya yang terjadi baru-baru ini, kreatifitas siswa satu sekolah yang membuat mainan dari bekas tipe x viral di media sosial Tiktok.

Para siswa merubah bekas tipe x menjadi mainan yang keren layaknya montor balap dan menyebutnya dengan istilah Trondol. Video tersebut awalnya diunggah oleh akun Tiktok @ndarukurniawan_suseno dan telah ditonton lebih dari 39,6 juta.

Tampak di dalam video, berbagai macam hasil modifikasi dari bekas tipe x itu dipamerkan di dalam kelas, tepatnya di di letakkan di atas meja. Seorang guru terlihat sedang merazia siswa-siswanya yang telah memodifikasi tipe x tersebut.


razia tipe x modifikasi-TikTok-@ndarukurniawan_suseno

Tidak disangka video itu juga ramai dikomentari oleh para netizen. Banyak dari mereka menilai bahwa karya tersebut adalah bentuk kreatifitas yang seharusnya didukung bukan dihukum. Lantaran para siswa tersebut telah mengubah alat tulis bekas menjadi suatu hal yang menarik dan bernilai untuk mereka karena bisa digunakan untuk bermain.

Video yang viral itu sempat juga di repost ke Twitter oleh akun @dioxjep yang sudah dilihat 1,8 juta. “Dulu jamanku sekolah pernah ada razia bolpen yang bau wangi karena isunya ada narkobanya. Sekarang razia di sekolah tipex dimodif,” tulis Amedio dalam unggahannya, Selasa, 14 Februari 2023.

Unggahan tersebut juga mengundang decak kagum warganet. “Dibalik bisingnya, sebenarnya ini dia lagi nyalurin kreatifitasnya, harusnya difasilitasi, masuk ukm robotika atau semacamnya, kan bagus kalau bisa bikin tipe-x yang bisa revisi nilai rapot,” tulis akun @prkdlx.

“kreatifitas aja dibungkam, mending sekolah keluar negeri dah,” ujar akun @aghaym.

Bahkan sampai ada yang terheran-heran lantaran banyak anak kecil yang datang ke fotocopyan untuk membeli tipe x.

“Wah, gila kreatif banget loh itu. Keren malahan kan,” tulis @dddddiiiddief.

Viralnya hal tersebut dapat disimpulkan bahwa memang kreatifitas anak-anak muda di usia itu perlu untuk diberikan wadah dan dukungan karena dengan hal kecil bisa saja berdampak baik untuk masa depan. (Putri Oktavianus Loeran)

Kategori :