Tip Aman dan Nyaman Membawa Peliharaan saat Perjalanan Mudik

Kamis 20-04-2023,18:43 WIB
Reporter : Maulidah
Editor : Heti Palestina Yunani

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Ingin mudik namun bingung dengan nasib hewan peliharaan di rumah? Solusinya adalah ajak mereka ikut juga. Lebaran kali ini telah memperbolehkan masyarakat untuk mudik.

 

Peliharaan sebenarnya bisa saja ditinggal di rumah atau dititipkan kepada orang terpercaya. Hanya, rasa rindu kala mudik terhadap sang peliharaan tentu tak tertahan.

 

Oleh karena itu, mengajak peliharaan merupakan solusi yang tepat. Tentunya tak lupa memastikan kebijakan pada kendaraan umum tersebut. Setelah memastikan semuanya aman, peliharaan bisa langsung dibawa mudik.

Ada beberapa hal yang harus disiapkan saat membawa hewan peliharaan. 

 

Memastikan Kesehatan 

Pastikan kesehatan peliharaan, bisa dengan mengecek suhu, pemberian vaksin, dan surat sehat jika diperlukan. Hal ini berguna agar perjalanan mudik lebih lancar.

 

Buat Peliharaan Nyaman Seperti di Rumah

Jangan lupa membawa barang yang dekat dengan peliharaan. Seperti tempat tidur dan mainan, dilansir dari CNN, hal tersebut memiliki efek menenangkan karena peliharaan akan merasa di dalam rumah. 

 

Luangkan Waktu untuk Buang Air Kecil dan Besar

Jika mengendarai kendaraan pribadi, pastikan untuk berhenti dan membiarkan peliharaan untuk buang air. Siapkan tempat khusus untuk peliharaan buang air, dan jangan lupa dibuang ditempat pembuangan saat berhenti.

 

Siapkan Makanan dan Minuman

Tak hanya manusia, peliharaan juga harus makan dan minum tepat waktu. Hal ini dapat menambah energi dan tidak membuat hewan peliharaan mudah sakit.

 

Ajak Peliharaan Bermain

Sempatkan waktu 1-2 jam untuk peliharaan bermain. Hal ini juga dapat digunakan untuk peregangan, berjalan, dan bermain. Tujuannya untuk menghindari kebosanan selama perjalanan. (Maulidah)

Kategori :