Yang Mau ke Batu, Inilah Pengalihan Arus Selama Libur Lebaran

Sabtu 22-04-2023,22:56 WIB
Editor : Noor Arief Prasetyo

BATU, HARIAN DISWAY- Seperti tahun-tahun sebelumnya. Batu masih menjadi jujugan lokasi wisata andalan pemudik selama libur lebaran. Batu sudah seperti kawasan Puncak di Bogor yang selalu macet setiap liburan tiba. Polisi pun sudah memprediksi hal tersebut. Sebagai antisipasi jika terjadi kepadatan pada jalur-jalur utama, polisi telah menyiapkan rekayasa lalu lintas.

Kasat Lantas Polres Batu AKP Lya Ambarwati mengatakan, salah satu rekayasa lalu lintas yang disiapkan adalah dengan memberlakukan satu arah di sepanjang Jalan Ir Soekarno. Untuk memastian lancar, rekayasa ini sudah pernah dilakukan saat libur akhir pekan. 

Uji coba satu arah itu diterapkan dari arah Malang menuju Kota Batu untuk seluruh jenis kendaraan. Satu arah dimulai dari perempatan Pendem hingga sejauh kurang lebih 5 Km. Sebaliknya, bagi kendaraan dari arah Kota Batu menuju Surabaya diarahkan melalui Jalan Wukir yang berada di sebelah Batu Town Square (Batos).

"Kalau kendaraan dari arah Kota Batu menuju Kota Malang dilewatkan Jalan Oro-Oro Ombo. Harapannya dengan diterapkan rekayasa ini ketika ada kemacetan bisa terurai," kata Lya.

Selain rekayasa lalu lintas, Polres Batu juga menyiagakan sekitar 30 personel yang tersebar di 60 titik keluar masuk kendaraan di Kota Batu. Tujuannya untuk antisipasi kecelakaan.

"Mereka akan disebar untuk antisipasi agar tidak terjadi kecelakaan atau menjaga agar tidak ada yang contraflow (melawan arus) saat satu arah tiba-tiba dijalankan," imbuhnya.

Lya berharap dengan adanya uji coba satu arah ini, masyarakat bisa memahami dan mengikuti arahan petugas ketika tiba-tiba rekayasa lalu lintas tersebut diberlakukan.

"Masyarakat diimbau mengikuti arahan petugas di lapangan, jika pelaksanaan satu arah diberlakukan jangan melawan agar tidak terjadi kecelakaan," tandasnya. (*)

 

Kategori :