Jokowi Izinkan ASN Perpanjang Cuti Lebaran

Selasa 25-04-2023,16:19 WIB
Reporter : Salman Muhiddin
Editor : Salman Muhiddin

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Presiden Jokowi mengajak pemudik  memundurkan jadwal pulang ke tanggal 26 April. Dengan begitu, penumpukan kendaraan pada puncak arus balik,  24 dan 25 April bisa terurai. 

Jokowi juga memberikan kesempatan bagi pegawai ASN, TNI, Polri, BUMN, dan perusahaan swasta untuk memperpanjang cuti atau bekerja dari rumah (WFH). 

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Machmudin menyatakan bahwa teknis perpanjangan cuti atau WFH dapat diatur oleh instansi atau perusahaan masing-masing. Serta harus berkoordinasi dengan instansi atau kantor terkait. 

Bey juga menegaskan bahwa prosedur perpanjangan cuti lebaran harus dilakukan sesuai aturan. Menurutnya, pekerja telah terbiasa dengan WFH selama pandemi. "Seperti absen secara online, bekerja berdasarkan kinerja, dan sebagainya,'' katanya. 

Imbauan tersebut disampaikan setelah Kementerian Perhubungan memprediksi 203 ribu kendaraan setiap harinya akan melintasi jalan tol Trans Jawa dari arah timur dan dari arah Bandung melalui tol Jakarta-Cikampek. Presiden menilai jumlah kendaraan tersebut jauh lebih besar dari jumlah kendaraan normal yang hanya sekitar 53 ribu unit.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan  Muhadjir Effendy mengatakan bahwa pemerintah telah memberikan diskon jalan tol agar masyarakat menghindari puncak arus mudik. Diskon 20 persen pada biaya tol yang berlakui  27-30 April 2023.  (*) 

Kategori :