Berganjar, Pasukan Ganjar Pranowo di Jagad Maya

Jumat 05-05-2023,01:02 WIB
Reporter : Pace Morris
Editor : Salman Muhiddin

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Arus dukungan terhadap Ganjar Pranowo terus bermunculan. Nantinya kampanye capres yang diusung PDI Perjuangan tidak hanya di ruang publik. Tapi akan secara masif digencarkan di dunia maya. Relawan Siber Pendukung Ganjar (Berganjar) mendeklarasikan dirinya, Kamis, 4 April 2023.

 

Berganjar diisi oleh 30 pegiat siber. Deni Wicaksono Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Jatim menyambut baik kehadiran Berganjar. Katanya, Berganjar akan mengisi ruang-ruang digital yang selama ini diakui sebagai kekurangan dari PDIP.

 

"Memang internal partai kurang fokus dengan ruang digital. Nah dengan hadirnya Berganjar ini kami sangat terbantu dan siap berkolaborasi," ujar Deni Wicaksono saat ditemui usai deklarasi Berganjar di Jaln Karan Menur IV No.14, Surabaya.

 

BACA JUGA:Brawijaya Awards, Babinsa Bondowoso Gratiskan 5 Pasien dan Perbaiki 15 Rumah

BACA JUGA:Brawijaya Awards, Dahlan Iskan Puji Program Mengajar Bahasa Inggris Babinsa Sumenep

 

Gerakan di dunia digital dianggap perlu untuk memerangi hoaks dan disinformasi. Apalagi, di pemilu 2024 nanti sekitar 60 persen didominasi oleh pemilih pemula. Dari kalangan generasi Z.

 

"Kami berharap kawan-kawan berganjar menjadi salah satu elemen memberikan ruang caci maki dan hoaks. Bermedia sosial dengan baik dan fair," kata Deni.

 

Pada kesempatan yang sama, Johan Avi ketua Berganjar menegaskan komitmennya. Dipaparkan juga perbedaan relawan Berganjar dengan gerakan lainnya. Yakni fokus pada dunia digital untuk memerangi hoax.

“Kita masih ingat di pilgub DKI Jakarta dan pemilu 2019 narasi liar berkembang pesat di media sosial. Itulah yang kami perangi. Sehingga, kita tidak terlalu banyak namun 30 orang yang bersama kami adalah tenaga ahli," bebernya. (*)

Kategori :