Brawijaya Awards, Dahlan Iskan Puji Program Mengajar Bahasa Inggris Babinsa Sumenep

Brawijaya Awards, Dahlan Iskan Puji Program Mengajar Bahasa Inggris Babinsa Sumenep

Anggota Kodim 0827/Sumenep Dina Mardiyanto memaparkan program-program nya pada dewan juri--

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Anggota babinsa Kodim 0827/Sumenep memiliki kelebihan yang menarik perhatian Dahlan Iskan Founder Harian Disway. 

Serka Joyo, babinsa desa Ambunten Tengah memiliki keahlian berbahasa Inggris. Keahlian itu ia dapatkan saat masih bertugas sebagai kontingen pasukan perdamaian PBB di Lebanon. 

Meskipun secara rendah hati diakuinya hanya bahasa inggris dasar. Namun Serka Joyo memanfaatkan skill tersebut untuk mengajar di sekolah-sekolah di wilayah binaannya. 

Dalam perbincangan dengan tim juri dari harian Disway, ia mengungkapkan kalau saat ini ia menjadi pengajar di SDN Panaungan. “Itu sebenarnya bukan desa binaan saya. tapi kebetulan kepala sekolahnya dekat dengan saya. ia meminta saya mengajar bahasa inggris untuk anak didiknya,” ungkap Joyo, kepada tim juri yang diketuai Noor Arief, Kamis 4 April 2023.

BACA JUGA:Brawijaya Awards, Babinsa Kodim 0828/Sampang Rangkul Pesilat dan Cetak Atlet Tekwondo Internasional

BACA JUGA:Brawijaya Awards, Aksi Sosial Para Babinsa Kodim Malang-Batu Buat Para Juri Berdecak Kagum


Founder Harian Disway Dahlan Iskan menyapa anggota Babinsa Sumenep ditengah proses penjurian--

Pengakuan Joyo ini menarik perhatian Dahlan Iskan founder Harian Disway. Kebetulan mantan Menteri BUMN ini sedang berada di ruang meeting Harian Disway. Dahlan Iskan yang penasaran, lantas mengajukan pertanyaan dari mana ia belajar bahasa inggris. 

“Saya bisa bahasa inggris dari sekolah SMA dulu. Kursus saya belum pernah,” katanya menjawab pertanyaan abah Dahlan. Joyo mengatakan semasa sekolah bahasa inggrisnya selalu mendapat nilai di atas 9. 

Joyo mengasah kemampuan bahasa Inggrisnya saat bertugas di Malang. Ia sering berinteraksi dengan turis mancanegara. Ia juga mengasah kemampuan tersebut saat bertugas sebagai pasukan perdamaian PBB di Lebanon. 

Saya pernah bertugas di Lebanon,” ucap Joyo. Dahlan Iskan pun diskusi singkat dengan Joyo. Beliau menceritakan kalau sebelum masa pandemi, dirinya pernah mengunjungi markas TNI di Lebanon.  Dahlan memuji pengalaman dan kemampuan Joyo yang terbilang langka.

BACA JUGA:Brawijaya Awards, Cara Babinsa Kodim 0820 Atasi Persoalan Kompleks Probolinggo

BACA JUGA:Brawijaya Awards, Babinsa Kodim Lumajang Kembangkan Kampung Religi hingga Bentuk Grup Reog

Dengan semangat membangun bangsa yang sama dengan Joyo, Sertu Dina Mardiyanto, membina UMKM di wilayah kerja Koramil 0827/03 Manding, Sumenep. UMKM ini menyerap hingga 300 tenaga kerja. “UMKM kita yang terbesar adalah keripik singkong rasa gadung,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: