SHINee Comeback dengan Album Hard, Langsung Puncaki Chart iTunes

Selasa 27-06-2023,18:53 WIB
Editor : Retna Christa

HARIAN DISWAY – SHINee akhirnya comeback pada 26 Juni 2023. Boy group besutan SM Entertainment itu merilis album bertajuk Hard. Dengan tittle track berjudul sama. Dalam sekejap, karya tersebut telah memuncaki chart iTunes di seluruh dunia.

Wajar kalau Shawols—sebutan fans SHINee—menyambut meriah album Hard. Sebab, ini adalah album pertama SHINee dalam dua tahun terakhir. Kali terakhir mereka merilis album adalah Don’t Call Me, pada 2021. Album itu mencapai posisi teratas di tangga lagu Korea Gaon.

BACA JUGA: SHINee Gelar Konser Tiga Hari Beruntun Setelah 6 Tahun

Nah, Hard juga naga-naganya akan mencapai sukses serupa. Buktinya, album ini memuncaki chart iTunes di berbagai belahan dunia.

Ia menjadi nomor satu di 40 negara. Antara lain, Jerman, Finlandia, Belanda, Polandia, dan sebagainya. Selain itu, Hard juga menduduki puncak tangga Worldwide iTunes Album. Serta nomor satu di tangga album digital QQ Music di Tiongkok.

Sebagai tambahan, Hard juga menempati puncak peringkat album harian di Recochoku, tangga lagu Jepang.

BACA JUGA: Ulang Tahun ke-15, SHINee Beri Kado Album Baru Untuk Shawol

Album dan single Hard dirilis hanya sehari setelah rangkaian konser SHINee di KSPO Dome, Seoul. Konser bertajuk SHINee World VI tersebut merupakan konser offline perdana SHINee di Seoul dalam enam tahun terakhir. Saat mengumumkan konser itu, SM Entertainment mengungkap bahwa Taemin dkk bakal comeback pada Juni 2023.

’’Tahun ini akan menjadi tahunnya SHINee,” kata Taemin saat itu. ’’Fan meeting kami sudah berakhir. Tapi masih ada comeback kami. Dan juga, kalian harus bersiap untuk beberapa comeback selanjutnya,” kata member SHINee berusia 29 tahun tersebut.

Hard adalah lagu hiphop dance hybrid yang memadukan berbagai macam genre. Termasuk boom bap, R&B, hiphop ala 90an, dan masih banyak lagi. Sebagaimana tersurat dalam liriknya, ’’We go hard,’’ SHINee menumpahkan passion mereka terhadap musik. Yang diwujudkan dengan keberanian mengambil beberapa tantangan. (*)

Kategori :