Lima Kisah Unik Pasukan Pemadam Kebakaran

Selasa 08-08-2023,12:00 WIB
Reporter : Rafilah Munika
Editor : Salman Muhiddin

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Profesi Pemadam Kebakaran (Damkar) muncul pertama kali di akhir era Republik Romawi, sedangkan keberadaannya di Indonesia sudah ada sejak tahun 1873.

 

Anggota damkar bukan sembarang orang. Mereka dilatih khusus untuk menangani berbagai situasi. Tidak melulu soal kebakaran.

 

Banyak tugas unik lain yang juga dikerjakan oleh damkar. Berikut kisah “penyelamatan” unik nan lucu oleh damkar, si serba bisa!

 

Bantu Melepaskan Cincin

Tahun 2023 diwarnai dengan beberapa berita heboh yang terkadang mengundang gelak tawa. Salah satunya aksi heroik dari Damkar Jakarta Timur yang membantu warganya melepaskan cincin dari jari tangan.

 

Damkar Jakarta Timur menerima setidaknya menerima dua kasus serupa selama 2023. Kalau tidak pas, jangan dipaksa. Dari pada masuk berita.

 

Ambil Ponsel yang Terjatuh ke Sumur

 

Kalau kasus mengambil ponsel atau kunci di gorong-gorong sudah terlalu sering. Kisah ini datang dari Makassar. Seorang pedagang tak sengaja menceburkan ponselnya ke sumur di rumah warga, Jalan Tidung Mariolo, 24 Maret 2023.

 

Damkar yang menerima laporan langsung mengirim tim penyelam. Untungnya air di sumur itu hanya sedalam 2 meter. HP berhasil diambil dan tentunya tak bisa dinyalakan. Kalau sudah terendam lama, tentu harus dibawa ke tukang servis. Tidak cukup hanya dibenamkan di timbunan beras.

 

Evakuasi Hewan Peliharaan


Ilustrasi kasus penyelamatan kucing yang sering dilaporkan ke damkar.-Freepik-

Telah banyak cerita tentang aksi heroik damkar dalam menyelamatkan hewan peliharaan. Yang paling sering adalah penyelamatan si oren: kucing.

 

Dari mulai kucing yang terjepit di sela-sela dinding rumah warga hingga anak kucing yang terjebak di mesin mobil.

 

Seorang warga Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta, menghubungi command center gulkarmat untuk meminta bantuan evakuasi atas kucingnya yang terjepit di sela-sela dinding selebar 10 centimeter.

 

Evakuasi berhalan sulit karena medan yang sempit. Untungnya si kucing berhasil diselamatkan. Kalau masih terjepit lagi, berarti sudah hobi.

 

Buka Borgol Mainan Anak-Anak

Berawal dari sekelompok bermain anak laki-laki yang punya ide untuk memasang borgol di kedua kakinya. Siapa yang menyangka kunci borgolnya akan patah?

 

Orang tua yang panik berusaha untuk melepas borgol tersebut dari tangan sang anak, tetapi karena kewalahan, mereka memutuskan untuk menyerahkan tugas tersebut kepada petugas damkar terdekat.

 

Singkirkan Sarang Lebah Depan Rumah


Ilustrasi sarang lebah yang banyak dilaporkan ke damkar.-Freepik-

 

Pengalaman yang dialami oleh Tim Gulkarmat Cipayung ini menambah daftar kisah “penyelamatan” unik oleh petugas damkar.

 

Seorang warga melaporkan bahwa ada sarang lebah di rumahnya. Koloni membuat sarang di langit-langit setinggi 4 meter.

 

Dalam situasi begini, jangan mengambil langkah sendiri. Biarkan mereka yang berpengalaman menanganinya. Mending tunggu damkar, dari pada benjol-benjol. (Rafilah Munika)

 

Kategori :