Raimuna Nasional XII Tarik 25 Ribu Pramuka

Rabu 16-08-2023,23:30 WIB
Reporter : Mohamad Nur Khotib
Editor : Doan Widhiandono

CIBUBUR, HARIAN DISWAY – Gerakan Pramuka tetap menguat. Terbukti dari jumlah anggota mencapai 25.272.760 orang. Di HUT ke-62 tahun ini pun digelar Raimuna Nasional XII di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Wiladatika, Cibubur. Berlangsung pada 14-21 Agustus 2023. 

 

Pada hari kedua, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo turut hadir di tengah kegembiraan puluhan ribu anggota Pramuka. Meninjau area ketahanan pangan seperti perkebunan dan peternakan. Bahkan menyempatkan berdialog dengan sejumlah anggota Pramuka.

 

BACA JUGA : Mas Adi Kobarkan Semangat BerPramuka

BACA JUGA : Pimpin Apel Hari Jadi Pramuka Ke-62, Khofifah Minta Pramuka Jangan Berpolitik Praktis

 

Pesta pertemuan anggota Pramuka itu memang rutin digelar setiap lima tahun sekali. Tujuannya untuk mempererat persaudaraan antarsuku dan budaya. Kegiatan tersebut bisa meningkatkan jiwa nasionalisme, memperkenalkan keberagaman Indonesia, serta memperkuat rasa memiliki sesama anggota.

 


Presiden Joko Widodo meninjau area ketahanan pangan Raimuna Nasional XII Gerakan Pramuka 2023 di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta pada Selasa, 15 Agustus 2023. -Sekretariat Presiden RI-

 

Tahun ini jumlah peserta pun memecahkan rekor. Merekalah para Penegak dan Pandega yang datang dari 34 provinsi. Jumlah tersebut naik lebih dari 50 persen ketimbang Raimuna Nasional XI pada 2017. Yang kala itu diikuti 15 ribu anggota.

 

Beberapa kali Presiden Jokowi juga mengajak foto para peserta. Salah satunya peserta asal SMA Negeri 9 Luwu, Muhammad Hafid Peasso, yang dipanggil langsung oleh Presiden untuk diajak foto bersama. "Saya senang sekali bisa dipanggil Presiden untuk diajak foto bersama," kata Hafid, kemarin. (Mohamad Nur Khotib)

Kategori :