Pimpin Apel Hari Jadi Pramuka Ke-62, Khofifah Minta Pramuka Jangan Berpolitik Praktis

Pimpin Apel Hari Jadi Pramuka Ke-62, Khofifah Minta Pramuka Jangan Berpolitik Praktis

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memimpin Apel Hari Jadi Pramuka ke -62 di Gedung Grahadi, Surabaya Senin, 14 Agustus 2023-Julian Romadhon/Harian Disway-

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Perayaan hari jadi Pramuka yang ke-62 digelar di halaman Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya pada Senin, 14 Agustus 2023. 

Apel upacara peringatan dipimpin langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Secara tegas dia meminta agar secara institusi, Pramuka jangan dilibatkan dalam politik praktis dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024.

Namun, Khofifah tidak melarang jika secara pribadi anggota Pramuka ingin berpolitik. “Jangan dibawa ke area politik praktis  secara institusional. Kalau secara  personal silakan,” kata Khofifah, Senin, 14 Agustus 2023. 

BACA JUGA:Grha Wismilak Disita Polisi, Sahamnya Langsung Anjlok

Di sisi lain, Khofifah juga menghimbau agar ada ada revolusi mental di internal Pramuka. Salah satu caranya dengan melakukan pendekatan aktif dan produktif oleh gugus-gugus depan Pramuka serta kwartir di setiap tingkatan.

Salah satu tujuan Pramuka Indonesia sejak pertama kali didirikan adalah untuk melatih skill membangun bangsa. 

Menurut arek Wonocolo, Surabaya tersebut, semangat itu telah ada saat Mangkunegara VII membentuk organisasi kepanduan pertama Indonesia dengan nama Javaansche Padvinders Organisatie (JPO) pada 1916.

BACA JUGA:Wismilak Sudah 30 Tahun Tempati Gedung dan Tak Ada Persoalan Hukum

Khofifah berharap, di usia yang telah mencapai 62 tahun ini, Pramuka makin dewasa dalam dedikasi dan pengabdian untuk Indonesia. “Gerakan pendidikan non-formal Pramuka ini seiring dalam pengabdian untuk menjaga dedikasi terbaik untuk masyarakat, bangsa, dan negara Indonesia,” ucapnya.

Dia juga meminta agar semua anggota pramuka dapat menguatkan nilai Pancasila. Sebab, ciri khas gerakan pandu Pramuka Indonesia terletak pada penanaman nilai Pancasila di dalamnya.

“Jadi selain mandiri, berkarakter, kesetiakawanan sosial yang harus bisa dipastikan adalah mereka itu Pancasilais. Maka di samping Salam Pramuka, saya juga gaungkan Salam Pancasila,” tambahnya.(Michael Fredy Yacob)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: