Minum Air Putih, Ini Jumlah Takaran Ideal yang Dibutuhkan Tubuh Tiap Hari

Kamis 17-08-2023,23:55 WIB
Reporter : Wehernius Irfon
Editor : Doan Widhiandono

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Semua orang pasti minum air putih. Ia aalah kebutuhan primer manusia. Sebab, 75 persen berat tubuh manusia adalah air. Lantas, berapa liter air yang ideal diminum manusia?

 

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 907 Tahun 2002 menjelaskan pengertian air minum. Yakni, air yang melalui proses pengolahan atau pun tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum.

 

Secara normal, tubuh manusia akan kehilangan air karena aktivitas berbagai aktivitas. Mulai mengeluarkan keringat, produksi kemih, buang air besar, bahkan ketika mengembuskan nafas.

 

BACA JUGA : Makanan Tersehat di Dunia: Selada Air, Manfaat dan Cara Konsumsinya

BACA JUGA : Potensi Kekeringan Tinggi, Masyarakat Diimbau Hemat Air

  

Oleh karena itu, tubuh perlu diisi air kembali. Itu untuk menjaga kondisi dan fungsi cairan tubuh supaya tidak terganggu.

 

Air putih memiliki segudang manfaat. Selain menghilangkan rasa haus dan dehidrasi (kekurangan air dalam tubuh), air putih dapat memelihara kesehatan tubuh. Air mengatur seluruh sistem dalam tubuh. Misalnya, sistem pencernaan, fungsi otak, sistem pernapasan, dan lain-lain.

 

Melansir dari Kementerian Kesehatan, setidaknya 95 persen otak manusia tersusun atas air. Plus, 82 persen air ada pada darah. Jantung juga mengandung 75 persen air. Lalu, paru-paru mengandung 86 persen air, dan kurang lebih 83 persen air mengaliri ginjal.

 

Air putih juga dapat memperlancar tubuh membuang racun dan hasil metabolisme dalam tubuh. Dengan begitu, orang dapat terhindar dari sembelit dan mag.

 

Tiap orang memiliki jumlah asupan air yang berbeda. Dipengaruhi berbagai faktor. Misalnya, kesibukan beraktivitas, cuaca, kondisi tubuh dan ibu hamil.

 


Ilustrasi perempuan minum air di sela-sela kerja.-Boy Slamet-Harian Disway-

 

Lalu, bagaimana mengetahui jumlah liter air yang dibutuhkan diri sendiri?

 

Anda bisa menghitung dari berat badan. Rumusnya adalah 0,033 x berat badan (dalam kilogram). Dari total perkalian tersebut, Anda dapat mengetahui jumlah liter yang harus Anda minum setiap harinya.

 

Selain itu, Peraturan Menteri Kesehatan RI nomor 75 tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi (AKG) merekomendasikan jumlah takaran yang tepat untuk tubuh berdasar usia. Yakni, 1.900 ml untuk anak-anak usia 7-9 tahun. Atau 1.800 ml untuk anak berusia 10-12 tahun.

 

Rekomendasi juga diberikan US Institute of Medicine (IOM) untuk jumlah takaran air. Yaitu, 1.700 ml/hari untuk anak-anak dalam kelompok usia 4-8 tahun. Juga 2.100 ml/hari untuk anak perempuan dan 2.400 ml untuk anak-anak laki-laki pada kelompok usia 9-13 tahun

 

Hasil penelitian di Amerika menunjukkan bahwa konsumsi air putih yang dianjurkan kepada orang dewasa usia 25-42 tahun sebesar >2 liter per hari.

 

Konsumsi air yang disarankan untuk wanita hamil sekitar 2,4 liter sehari. Sedangkan wanita yang menyusui disarankan sekitar 3,1 liter per hari.

 

Pada umumnya kebutuhan air putih manusia adalah 8 gelas berukuran 230 ml per hari atau setara dengan 2 liter. Bisa Anda tentukan nih mau yang mana… (Wehernius Irfon)

Kategori :