Makanan Tersehat di Dunia: Selada Air, Manfaat dan Cara Konsumsinya

Makanan Tersehat di Dunia: Selada Air, Manfaat dan Cara Konsumsinya

Selada air yang memiliki banyak kandungan nutrisi.-Disway.Id-

HARIAN DISWAY – Selada air telah diakui sebagai makanan tersehat di dunia. Manfaat kesehatannya yang luar biasa. Selain berfungsi sebagai tanaman hias, selada air punya peran penting dalam diet seimbang dan dapat mencegah penyakit serta melindungi atlet dari cedera.

 

Menurut siaran pers dari B&W Quality Growers, para atlet yang mengonsumsi selada air dapat merasakan manfaatnya. Mereka mengalami potensi kerusakan jaringan yang lebih rendah saat berolahraga intens.

 

Selada air adalah salah satu sayuran paling kaya nutrisi di dunia. Ia punya peringkat 100 poin sempurna menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Dengan poin itu, selada air mengungguli sayuran lainnya seperti kubis Tiongkok, lobak Swiss, sayur bit, dan bayam.

 

BACA JUGA : Mencuci Daging Ayam Mentah: Kebiasaan yang Ternyata Berbahaya bagi Kesehatan

BACA JUGA : 8 Tips Diet Sehat dan Mudah untuk Anak Sekolah

BACA JUGA : 6 Manfaat Diet Mediterania Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Diabetes Sampai Alzheimer

 

Nutrisi yang terkandung dalam selada air adalah seperti air, fosfor, besi, kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin K. Semuanya bermanfaat menjaga kesehatan otot, mencegah kerusakan sel pada otak, detoksifikasi tubuh, dan membersihkan darah.

 

Pentingnya mengimbangi efek samping olahraga berat pada para atlet juga terbukti. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi selada air dua jam sebelum latihan dapat mengurangi kemungkinan kerusakan sel secara signifikan.

 

Namun, perlu diingat untuk mengonsumsi selada air dalam takaran yang tepat. Memang, 100 gram selada air mengandung vitamin C yang mencukupi untuk kebutuhan harian. Tetapi, konsumsi berlebih dapat menyebabkan iritasi pada kandung kemih, ginjal, dan perut karena kandungan minyak mustard esensialnya.

 

B&W merekomendasikan berbagai cara menyajikan selada air dalam makanan sehari-hari. Misalnya, dalam salad, smoothie, sandwich, omelet, atau bahkan pizza, untuk merasakan kesegarannya dan manfaat kesehatannya.

 

Jadi, jangan ragu-ragu lagi memasukkan sayuran sehat itu ke dalam menu makanan Anda sehari-hari… (Riviera Michelle Irawan)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: