Akses Jalan di Sekitar IKN Diperbaiki Dengan Inpres Jalan Daerah

Minggu 24-09-2023,20:45 WIB
Reporter : Taufiqur Rahman
Editor : Taufiqur Rahman

PENAJAM PASER UTARA, HARIAN DISWAY - Presiden Jokowi meninjau progress pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) di kawasan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu, 23 September 2023.  

Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan sejumlah menteri. 

Presiden Jokowi mengatakan, peninjauan kali ini untuk mengecek progres pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah, khususnya di Kalimantan Timur yang akan menjadi kawasan penyangga Ibukota Negara (IKN) Nusantara.

BACA JUGA:Menang Lawan Arema, Josep Gombau Puji Mentalitas Skuad Green Force

“Anggaran total pelaksanaan IJD di seluruh Indonesia sebesar Rp 14,6 T, untuk memperbaiki kondisi jalan sepanjang 2.800 km yang terdiri dari jalan provinsi sepanjang 400 m, dan sisanya jalan kabupaten/ kota,” kata Jokowi.

Pelaksanaan IJD diprioritaskan untuk jalan-jalan yang berada di sektor produksi sehingga mempermudah jalur distribusi dan memberikan dampak ekonomi. 

Sementara untuk jalan daerah di Sepaku, Kalimantan Timur, nantinya akan menjadi jalan pendukung di kawasan IKN Nusantara, terutama menuju destinasi wisata Goa Batu Tapak Raja.

“Utamanya jalan ini dipakai untuk pengangkutan sawit dan selain itu juga menjadi sambungan ke tempat wisata Goa Batu-Tapak Raja,” tambah Jokowi. 

BACA JUGA:1000 Warga Serbu Balai Prajurit Kodam V/Brawijaya untuk Dapat Kacamata Gratis

Penanganan jalan akses wisata Goa Batu-Tapak Raja mulai dilakukan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kalimantan Timur, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR sejak Juli 2023 lalu. 

Jalan ini terhubung dengan Jalan Nasional Samboja-Sepaku yang juga menjadi akses menuju Kawasan IKN. “Targetnya akhir tahun 2023 ini sudah selesai,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Penanganan akses wisata Goa Batu-Tapak Raja sepanjang 9,7 km dikerjakan dalam 2 paket pekerjaan, yakni Akses Wisata Goa Batu-Tapak Raja 1 sepanjang 4,8 km dengan nilai kontrak Rp 34 miliar.

Kemudian jalan akses wisata Goa Batu-Tapak Raja 2 sepanjang 3,5 km dengan anggaran sebesar Rp 33,2 miliar. 

Selain itu, PUPR juga memperbaiki jalan penyangga IKN Provinsi Kalimantan Timur yakni ruas jalan Riko-Maridan sepanjang 6,5 km dengan nilai kontrak Rp 43 miliar. 

BACA JUGA:Dilantik Gubernur Jatim sebagai Pj Bupati Pasuruan, Dr Andriyanto akan Perangi Stunting

Kategori :