Gempa Kuat M6,6 Guncang NTT, Warga Berlarian Keluar Rumah

Kamis 02-11-2023,10:12 WIB
Reporter : Taufiqur Rahman
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY – Gempa tektonik dengan guncangan cukup kuat dirasakan oleh warga di beberapa kabupaten di Nusa Tenggara Timur NTT (NTT) pada Kamis 2 November 2023, pukul 04.04 WITA. 

BMKG merilis parameter gempa memiliki kekuatan magnitudo M6,3 dengan Episenter (pusat gempa) terletak pada koordinat 10,26° LS ; 123,72° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 Km arah Tenggara Kupang Nusa Tenggara Timur pada kedalaman 25 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kerak dangkal (shallow crustal earthquake ) yang dipicu aktivitas sesar aktif.  

BACA JUGA:Tetralogi Novel Roti Marieku Karya Evy Ervianti: Bagai Bioskop Imajinatif Berlatar Gempa Ende

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

Peta guncangan menunjukkan sekitaran Kupang terguncang dengan intensitas VII modified mercalli intensity (MMI). Guncangan seperti ini disimulasikan bisa mengagetkan sebagian besar orang dan membuat mereka keluar ruangan. 

Sementara Kabupaten Timor Tengah Selatan terguncang dengan skala intensitas IV-V MMI, daerah Rote dan Waingapu dengan skala intensitas III MMI, serta daerah Alor dengan skala intensitas II MMI. 

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 04.40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Perkembangan terkini pada pukul 06.00 WIB, Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menginformasikan adanya kepanikan warga di beberapa wilayah. 

BACA JUGA:Gempa Afghanistan Tewaskan Lebih dari 2 Ribu Orang

Gempa dirasakan kuat dengan periode waktu berbeda, seperti di Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan (TTS) dan Rote Ndao. BNPB terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di wilayah terdampak. 

Kapusdatinkom BNPB Abdul Muhari menjelaskan, laporan yang diterima dari Kabupaten Kupang, BPBD setempat menyebutkan guncangan kuat berlangsung selama 2 hingga 5 detik. Warga di sana berhamburan keluar rumah. 

“Sedangkan di Kabupaten TTS, warganya merasakan getaran sedang sekitar 1 hingga 3 detik,” kata Muhari dalam pernyataan resmi kamis pagi. 

Pria yang akrab disapa Aam tersebut menyebut bahwa masyarakat di daerah guncangan sempat panik dan semburat keluar rumah. 

BACA JUGA:Gempa Maroko: Hanya Inggris, Spanyol, Uni Emirat Arab yang Diizinkan Beri Bantuan, Warga Kelimpungan

Kategori :