5 Makanan Khas Bali ini Disukai oleh Orang Surabaya

Sabtu 11-11-2023,05:39 WIB
Reporter : Elizabeth Michelle
Editor : Heti Palestina Yunani

HARIAN DISWAY – Pulau Bali terkenal dengan budaya yang kaya, keindahan alam, dan kulinernya yang banyak digemari. Terutama oleh orang Surabaya. Banyak makanan khas Bali itu dibeli di Surabaya sehingga bisa disantap sebelum dinikmati langsung di Bali. 

Beberapa yang diisajikan orisinal seperti di daerah aslinya itu ada ayam betutu, babi guling, sate lilit, lawar, dan nasi campur Bali.  Yuk simak seperti apa makanan khas Bali yang disukai orang Surabaya itu. 

1. Ayam Betutu


Lima rekomendasi makanan khas Bali di Surabaya. Dijamin bikin nagih!--Instagram @ayambetutukhasgilimanukbali

Ayam betutu ini merupakan makanan khas Bali yang banyak digemari masyarakat Surabaya. Selain itu, ayam betutu ini dimasak dengan rempah-rempah seperti kemiri, cabai rawit, jahe, lengkuas, dan beberapa bumbu lainnya.

Ayam betutu semakin sedap kalau didampingi dengan nasi hangat dan sambal matah yang memiliki sensai pedas yang segar dan nikmat! Rasa ayam betutu yang kaya rempah dan gurih membuat makanan ini menjadi kesukaan banyak orang.

2. Babi Guling


Lima rekomendasi makanan khas Bali di Surabaya. Babi guling bikin ngiler!--Instagram @degulingbali

Babi guling ini salah satu makanan khas Bali yang paling ikonik. Babi guling ini makanan yang wajib dicoba! Makanan yang satu ini kaya akan bumbu rempah seperti bawang putih, jahe, serai, dan kemangi.

Babi yang dipanggang hingga kulitnya renyah tetapi dagingnya tetap lembut, pokoknya maknyus! Babi guling biasanya disajikan dengan nasi, lawar (sayur campur), dan sambal matah yang segar sehingga menambah cita rasa yang sangat lezat.

BACA JUGA: Sedap! 5 Rekomendasi Makanan Thailand yang Wajib Dicoba, Dijamin Bikin Ketagihan

3. Sate Lilit


Lima rekomendasi makanan khas Bali di Surabaya. Wajib coba sate lilit!--Instagram @satelilitsidoarjo

Sate lilit ini jenis sate khas Bali dan sate ini terbuat dari daging cincang yang diberi bumbu rempah. Sate lilit ini dibumbui dengan rempah-rempah seperti bawang putih, kemiri, serai, dan lengkuas.

Selain itu, daging dari sate lilit yang sudah dibumbui ini akan dibalut dengan batang serai atau bambu kemudian dipanggang hingga matang dan garing. Rasa sate lilit ini sangat unik dan aromatik. Hal ini menjadikan sate lilit sebagai salah satu hidangan favorit tidak hanya di Bali tetapi juga di Surabaya.

4. Lawar


Lima rekomendasi makanan khas Bali di Surabaya. Sayur khas Bali!--bekelsego.com

Lawar ini terbuat dari beberapa campuran sayur yang dihaluskan. S ayur khas Bali ini merupakan campuran sayur dari kelapa parut, kacang panjang, daun singkong, dan rempah-rempah yang lain. Sayur lawar ini ada dua jenis yaitu lawar merah dan lawar putih.

Lawar merah ini berwarna merah karena menggunakan darah setengah matang dari hewan yang dagingnya diambil dan digunakan dalam lawar tersebut. Daging hewan ini bisa dari daging babi ataupun ayam.

Sedangkan untuk lawar putih ini tidak menggunakan darah. Sayur lawar ini biasanya disajikan sebagai menu pelengkap di hidangan utama seperti babi guling atau ayam betutu.

BACA JUGA: Maknyus! 6 Rekomendasi Makanan Kaki Lima Legendaris di Surabaya, dari Rawon Hingga Nasi Bebek

5. Nasi campur Bali


Lima rekomendasi makanan khas Bali di Surabaya. Nasi campur wenak!!--Instagram @sbyfoodie

Nasi campur khas Bali ini sangat digemari di Bali bahkan di kota lain terutama di Surabaya. Nasi campur khas Bali ini terdiri dari nasi dan aneka lauk seperti ayam suwir, sate lilit, lawar dengan bumbu Bali yang kaya akan rempah.

Untuk nasi campur Bali ada yang non-halal dan halal. Nasi campur Bali yang non-halal terdiri dari irisan daging babi guling, lalu untuk lauk sampingannya ada sate lili, lawar, sambal, dan lainnya.

Sedangkan untuk nasi campur Bali yang halal terdiri dari ayam suwir dan beberapa lauk sampingan. Rasa nasi campur yang nikmat ini cocok untuk sarapan maupun makan siang.  (*) 

Kategori :