HARIAN DISWAY - Kemajuan teknologi digital makin membuka pintu bagi brand lokal dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk tumbuh pesat dan lebih tangguh di panggung bisnis digital. Salah satunya melalui platform perdagangan elektronik (e-commerce).
Platform e-commerce seperti Shopee telah memegang peran penting mendorong kemajuan brand lokal. Mulai dari pengelolaan toko online, aksesibilitas transaksi yang aman, serta pengiriman.
Ditambah lagi dengan beragam fitur inovatif. Mulai dari kampanye yang menarik hingga program edukasi untuk membantu para penjual beradaptasi dengan teknologi dan memahami tren pasar terkini.
BACA JUGA: Catat! Berikut Deretan Promo Spektakuler di Shopee 12.12 Birthday Sale
Menelaah kondisi pasar di beberapa bulan terakhir, konsistensi dan dukungan platform e-commerce, khususnya Shopee, telah memberikan warna baru dan kontribusi dalam sejarah pertumbuhan bisnis lokal di Indonesia.
Sejalan dengan misi pemerintah dalam mendukung perkembangan ekonomi digital UMKM, program dan fitur yang Shopee hadirkan menjadi salah satu bentuk nyata bahwa rangkaian penawaran selama kampanye berlangsung memberikan kesempatan dan peluang bagi brand lokal & UMKM.
Cara Shopee Perkuat Potensi Pertumbuhan Bisnis Brand Lokal & UMKM
Indonesia memiliki banyak para pelaku usaha lokal dengan kreativitas dan ragam produk yang memiliki ciri khas masing-masing. Sudah sepatutnya segala bentuk kreativitas diapresiasi, termasuk brand karya anak bangsa.
Shopee percaya bahwa dalam membantu dan memberikan pembinaan kepada UMKM merupakan tugas bersama berbagai pihak.
Sepanjang tahun ini Shopee telah menjalankan berbagai program dan inisiatif terbaru yang bertujuan untuk mendukung perkembangan bisnis para pelaku usaha lokal. Baik yang sudah resmi menjadi penjual di Shopee maupun yang baru akan mendaftarkan bisnisnya secara online di Shopee.
Membangun fondasi yang kokoh untuk memperkuat potensi pertumbuhan bisnis ekosistem Shopee, festival belanja 11.11 Big Sale kemarin mencatatkan pencapaian yang luar biasa bagi para brand lokal dan UMKM.
Tercatat peningkatan transaksi hingga 7 kali lipat dari brand lokal dan UMKM di puncak kampanye dibandingkan hari biasa. Hal ini menunjukkan bagaimana pelaku usaha lokal memanfaatkan Shopee sebagai mitra yang kuat dalam menciptakan bisnis yang berkesinambungan dan penetrasi pasar digital yang inklusif.
Antusiasme partisipasi brand lokal dan UMKM turut mendukung rangkaian kampanye Shopee setiap bulannya dalam menghadirkan kelengkapan produk variatif dari berbagai kategori.
Sehingga secara tidak langsung menjadi motivasi masyarakat untuk semakin semangat berburu produk incaran lokal dan UMKM. Khususnya pada kategori Kecantikan, Fashion, dan Gaya Hidup yang ternyata mendapat perhatian spesial di hati konsumen sepanjang kampanye 11.11.