5 Tips Ampuh Atasi Sariawan

Senin 06-05-2024,13:00 WIB
Reporter : Magdalena Asri
Editor : Noor Arief Prasetyo

HARIAN DISWAY - Sariawan atau dalam istilah medis disebut stomatitis aftosa merupakan kondisi umum yang membuat luka terbuka di dalam mulut. Meskipun tidak menular, sariawan dapat sangat mengganggu karena membuat makan dan bicara menjadi tidak nyaman. 

Berikut adalah enam tips yang dapat membantu Anda mengatasi sariawan:

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Langkah pertama dalam mengatasi sariawan adalah menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dan menggunakan benang gigi secara teratur. Pastikan juga untuk membersihkan lidah dan langit-langit mulut Anda. Menjaga kebersihan mulut dapat membantu mencegah infeksi dan mengurangi risiko sariawan.


Menjaga kesehatan mulut dengan cara rutin menyikat gigi.--

2. Hindari Makanan dan Minuman yang Mengiritasi

Makanan dan minuman tertentu dapat memperparah sariawan atau menyebabkan rasa terbakar yang tidak nyaman. Hindari makanan pedas, asam, atau keras yang dapat mengiritasi luka di dalam mulut Anda. Sebagai gantinya, pilih makanan yang lembut, mudah dicerna, dan tidak akan menyebabkan iritasi tambahan.


Hindari makanan dan minuman yang bersifat mengiritasi.--

BACA JUGA:Pengaruh Rokok bagi Gigi dan Mulut: Mulai Kanker Mulut hingga Bibir Bengkak

BACA JUGA:Mendeteksi Tanda-Tanda Penyakit Jantung Sejak Dini Melalui Bilasan Mulut

3. Gunakan Obat Kumur atau Larutan Khusus

Obat kumur atau larutan khusus yang mengandung bahan aktif seperti benzocaine atau lidocaine dapat membantu mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan akibat sariawan. Gunakan obat kumur sesuai petunjuk pada kemasan, dan hindari mengonsumsi makanan atau minuman setidaknya 30 menit setelah penggunaan.


Gunakan obat kumut yang tepat.--

4. Aplikasikan Pengobatan Topikal

Ada berbagai jenis salep atau gel yang tersedia secara bebas di apotek untuk mengobati sariawan. Produk-produk ini mengandung bahan-bahan seperti benzocaine atau hydrocortisone yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan mempercepat penyembuhan. Oleskan pengobatan topikal langsung ke sariawan sesuai dengan petunjuk pada kemasan.

Kategori :