Pengaruh Rokok bagi Gigi dan Mulut: Mulai Kanker Mulut hingga Bibir Bengkak

Pengaruh Rokok bagi Gigi dan Mulut: Mulai Kanker Mulut hingga Bibir Bengkak

Orang yang tidak bisa berhenti dari kebiasaan merokok bisa menyebabkan penyakit pada gigi dan mulut. -Verywell Health-www.verywellhealth.com

HARIAN DISWAY- Biasanya dampak buruk rokok terjadi pada bagian organ pernapasan seperti paru-paru. Namun, Kementerian Kesehatan melaporkan, rokok juga bisa berdampak buruk bagi organ tubuh lainnya. Yakni, mulut dan gigi.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, berikut ini 10 penyakit yang bisa menyerang mulut dan gigi karena mengonsumsi rokok dalam jangka waktu yang lama.

1. Kanker Mulut

Penyakit ini umumnya dapat diketahui ketika orang mulai mengalami peradangan dan luka di mulut. Hal itu dapat terjadi karena adanya kerusakan sel dalam mulut oleh zat nikotin pada rokok.

2. Bau Menyengat pada Mulut

Rokok mampu menghilangkan mineral dalam mulut sehingga bakteri lebih mudah berkembang biak di dalam mulut. Akibatnya, mulut mengeluarkan bau menyengat saat berbicara.

BACA JUGA: Ketahui Berbagai Kandungan Berbahaya dalam Rokok, Ada Arsenik sampai Sianida

3. Sariawan

Rokok menyebabkan bibir menjadi kering dan tipis. Kondisi itu menyebabkan seseorang rentan terkena sariawan.

4. Radang Mulut

Rokok dapat melemahkan antioksidan dan perlindungan alami dalam mulut. Karena itu, risiko infeksi dan peradangan pada mulut akan meningkat dengan signifikan.

5. Radang Kelenjar Ludah

Bakteri yang hinggap dalam mulut dapat menginfeksi area di dalam mulut. Tidak hanya menyebabkan bau menyengat, tetapi juga bisa terjadi masalah, yaitu radang pada kelenjar ludah.

6. Luka pada Gusi Lambat Pulih 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: