Ketahui Berbagai Kandungan Berbahaya dalam Rokok, Ada Arsenik sampai Sianida

Ketahui Berbagai Kandungan Berbahaya dalam Rokok, Ada Arsenik sampai Sianida

Asap yang dikeluarkan dari pembakaran rokok dapat mengeluarkan kandungan berbahaya yaitu kadmium yang menimbulkan kanker paru-paru. -GALLUP-news.gallup.com

HARIAN DISWAY- Pembahasan terkait kasus sianida kembali mencuat di muka publik setelah penayangan film dokumenter pada 28 September 2023 di Netflix.

Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan, sianida termasuk senyawa kimia berbahaya yang terdiri atas 3 jenis. Hidrogen sianida, sodium sianida, dan potasium sianida. 

Ketiga jenis sianida tersebut dapat membahayakan nyawa orang, bahkan berujung kematian. Seperti yang dialami almarhum Mirna Salihin.

BACA JUGA:Kembaran Mirna Salihin, Sandy Salihin, Sindir Jessica Wongso: Iblis Sedang Bekerja Keras!

Kemenkes melaporkan bahwa salah satu jenis sianida terdapat pada rokok. Yaitu hidrogen sianida. 

Selain itu, terdapat 8 kandungan lain yang ada di dalam rokok dan sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Mari simak penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA: Merokok Dapat Menyebabkan Penyakit Mental? Ini Studinya

1. Karbon Monoksida

Karbon monoksida terkenal sebagai gas beracun yang tidak memiliki rasa dan bau. Jika terlalu banyak menghirup gas karbon monoksida, fungsi otot dan jantung akan menurun, tubuh terasa lemas, pusing, bahkan bisa berujung koma dan meninggal dunia.

2. Nikotin

Nikotin termasuk kandungan rokok yang membuat pengonsumsi rokok merasa kecanduan karena muncul efek menyenangkan dan menenangkan pada saraf otak. Walau begitu, nikotin menyebabkan peningkatan tekanan darah, denyut jantung, dan pernapasan.

3. Tar

Tar dikenal dapat menimbulkan pengguna rokok berisiko tinggi terkena penyakit yang cenderung berbahaya bagi nyawa. Seperti kanker paru-paru, emfisema (sesak napas akibat kantung pada paru-paru alami kerusakan), diabetes, penyakit jantung, hingga gangguan kesuburan.

4. Hidrogen Sianida

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: http://yankes.kemkes.go.id/