Gemerlap Jalan Di Tengah Kampung Kalimas Baru

Sabtu 06-07-2024,17:30 WIB
Reporter : Novia Herawati
Editor : Noor Arief Prasetyo

POTRET Kampung Kalimas Baru, Kelurahan Tanjung Perak, Kecamatan Pabean Cantikan kini jauh berbeda. Perkampungan yang dulunya gelap gulita, berubah menjadi gegap gempita. 

--

Suasananya riuh. Banyak warga yang beraktivitas di malam hari. Seperti bapak-bapak yang bersenda gurau di kedai kopi, hingga anak-anak yang juga asyik berlari-lari di gang kampung. Suara tawa sesekali terdengar. Kadang tawa itu saling susul.

Terangnya kampung ini berkat 58 titik Penerangan Jalan Umum (PJU) yang baru saja dipasang oleh Pemerintah Kota Surabaya di kawasan RW 1, Kampung Kalimas Baru, Kelurahan Tanjung Perak, Surabaya. 

BACA JUGA:Tekan Potensi Kecelakaan dan Kriminalitas, Pemkot Surabaya Tambah 7 Ribu PJU Baru Tahun Ini

"Sebelum ada PJU, suasananya suram. Tidak ada anak-anak kecil main di malam hari seperti ini. Mereka takut karena gelap," ujar Durasman, warga Kampung Kalimas Baru.

Sebagai warga yang sudah 43 tahun tinggal di Kampung Kalimas Baru, Ia merasa sangat bahagia dan bersyukur. Sebab setelah sekian lama, kampungnya kini sudah tidak gelap lagi. 


Gapura Kampung Kalimas Baru 1 RT 4, RW 1, Kelurahan Tanjung Perak, Surabaya.-Mohammad Nurwahyudi-Harian Disway -

"PJU ini sudah nyala sekitar satu bulan yang lalu. Bahagia ya pasti. Setelah ada lampu PJU ini, anak-anak kecil sudah tidak takut lagi untuk keluar rumah di malam hari," imbuh pria yang bekerja sebagai driver ojek online.

Durasman juga tak menampik bahwa minimnya penerangan membuat kampungnya tidak aman. Ia bercerita beberapa kali, Kampung Kalimas Baru menjadi sasaran pencurian sepeda motor (curanmor).

"Lampunya minim sekali, terus CCTV juga tidak memadai. Bisa dihitung lah ada berapa CCTV. Jadi ya memang cukup rawan sepeda motor hilang atau dicuri," keluh Durashman. 

Di sisi lain, melalui pemasangan PJU, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ingin menegaskan komitmennya untuk memaksimalkan penerangan di seluruh kampung yang ada di Kota Pahlawan.

"Alhamdulilah PJU sudah terpasang, karena ada puluhan rumah di sini yang sudah bertahun-tahun tidak bisa masuk PJU-nya. Jadi kita pasang untuk RW 1 dan akan terus lanjut untuk RW 6, RW 9 dan RW 10," ujar Eri Cahyadi dalam keterangannya.


Potret Kampung Kalimas Baru yang kini sudah jauh lebih terang berkat pemasangan PJU dari Pemkot Surabaya.-Mohammad Nurwahyudi-Harian Disway -

Eri juga memberikan penjelasan di balik PJU di Kampung Kalimas baru dipasang akhir-akhir ini. "PJU-nya baru bisa masuk tahun ini, karena tanah milik Pelindo dan PT KAI. Setelah kita lakukan koordinasi dengan kedua belah pihak, bisa dikerjakan tahun ini," paparnya.

Kategori :