7 Tip dan Trik Lancar Menulis Novel untuk Pemula Agar Viral di Storytelling Platform

Senin 08-07-2024,15:33 WIB
Reporter : Anik Zulfia
Editor : Gunawan Sutanto

4. Memilih Sudut Pandang yang Tepat

Pilih sudut pandang yang akan Anda gunakan sepanjang cerita. Sudut pandang yang dipilih bisa menceritakan dari sudut pandang orang pertama atau orang ketiga.

Jika sudah memilih satu sudut pandang, konsistenlah dalam sudut pandang tersebut untuk membantu pembaca merasa terlibat dalam cerita.

BACA JUGA:Bagikan Cara Menulis Fiksi dalam Kembara Sastra dalam Dunia Rempah Nusantara oleh Perlima, Ini Arahan Kurnia Effendi!

5. Gunakan Bahasa yang Menarik dan Deskriptif

Dalam menulis novel gunakan bahasa yang menarik sesuai dengan target pembaca. Pakailah Bahasa yang deksriptif yang bisa menggambarkan suasana, emosi, secara detail dengan cara yang memikat dan membangkitkan imajinasi pembaca.

6. Revisi dan Edit Secara Teratur

Setelah selesai menulis biasakan revisi dan edit terlebih dahulu tulisan secara teratur.

Biasanya tulisan yang udah kita anggap sesuai kadang masih kurang tepat dan perlu diperbaiki kembali.

BACA JUGA:Bagikan Cara Menulis Fiksi dalam Kembara Sastra dalam Dunia Rempah Nusantara oleh Perlima, Ini Arahan Kurnia Effendi!

7. Tetap Konsisten dan Disiplin

Menulis membutuhkan konsistensi dan disiplin. Apalagi menulis sebuah novel perlu adanya ketelatenan dan kesabaran, karena kadang ide cerita bisa muncul dengan lancar tapi bisa juga buntu ditengah jalan. 

Buatlah jadwal menulis dengan konsisten dan patuhi komitmennya. Meski kadang sulit, tetaplah fokus pada tujuan akhir Anda. Dengan menerapkan tip dan trik di atas, Anda akan memiliki landasan yang kuat untuk menulis cerita novel yang menarik dan memikat. 

Jangan lupa, kunci utama adalah kesabaran, ketekunan, dan cinta pada proses menulis itu sendiri. Selamat menulis! (*)

Artikel ini ditulis oleh Anik Zulfia, mahasiswa UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, peserta Magang Regular di Harian Disway

Kategori :