IKN Tidak Selesai 100 Persen Agustus Nanti, Satgas: Cuma Bangunan Untuk Kepentingan Upacara

Kamis 11-07-2024,15:22 WIB
Reporter : Afifah Alfina
Editor : Taufiqur Rahman

HARIAN DISWAY - Peringatan HUT RI ke-78 tahun ini akan digelar di dua tempat. Yakni di Istana Merdeka Jakarta,dan di Istana Negara Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. 

Hal tersebut disampaikan oleh Septriana Tangkary, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Kemaritiman Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Pada konferensi pers yang digelar oleh Kominfo pada Kamis, 11 Juli 2024, ia mengatakan bahwa tahun ini HUT RI akan digelar di 2 tempat.

BACA JUGA:Proyek Molor, Jokowi Batal Pindah Kantor Ke IKN Bulan Ini

“Peringatan HUT RI akan dilaksanakan di 2 tempat yaitu, di IKN dan Istana Merdeka. Presiden Jokowi akan memimpin di IKN, sedangkan wapres akan bertindak sebagai pemimpin di Istana Merdeka,” papar Septriana.

Dalam konferensi pers yang bertajuk “Kesiapan Infrastruktur PUPR Menjelang Pelaksanaan Upacara Bendera HUT ke-79 Kemerdekaan RI di IKN” turut hadir Imam Santoso Ernawi yang bertindak sebagai Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN.

Imam menjelaskan soal kesiapan IKN dalam menyongsong upacara HUT RI dalam waktu dekat. Menurut penuturannya, IKN tidak akan selesai 100 persen seluruhnya saat HUT RI nanti, melainkan hanya beberapa kawasan sentral saja.

BACA JUGA:Erick Thohir Kunjungi PLTS IKN: Siapkan Pasokan Listrik HUT RI ke-79



“Tidak semua bangunan ini selesai pada (upacara) 17-an, tidak. Tapi ini fungsional untuk bisa dilakukan kegiatan (upacara) 17-an,” kata Imam.

BACA JUGA:Upacara 17 Agustus di IKN, Sidang Tahunan MPR dan DPR Akan Tetap Berlangsung di Jakarta

Lebih lanjut, Imam menjelaskan bahwa yang akan selesai pada saat itu adalah tempat-tempat yang memang diperlukan untuk upacara saja. Misalnya istana, lapangan upacara, kantor presiden, bilah garuda, dan 4 gedung menko.

Ia memastikan bahwa di akhir Juli nanti Istana Negara di IKN akan fungsional untuk kegiatan upacara nanti. Kapasitas yang dapat ditampung mencapai 8.000 orang.

Imam turut menambahkan bahwa di bulan ini akan dilakukan commissioning test atau tes uji coba di IKN. Harapannya, di bulan Agustus nanti semua komponen mechanical dan electrical untuk keperluan HUT RI sudah terpenuhi.(*)


Kategori :