Biden: Tidak Ada Tempat untuk Kekerasan Semacam ini di Amerika

Minggu 14-07-2024,08:11 WIB
Reporter : Tomy Gutomo
Editor : Tomy Gutomo

HARIAN DISWAY – Presiden Amerika Serikat Joe Biden telah bersikap atas penembakan terhadap mantan Presiden AS Donald Trump. Melalui akun Twitternya, Biden mengutuk pelaku penembakan terhadap Trump di Pennsylvania, Sabtu malam waktu setempat tersebut.

"Tidak ada tempat untuk kekerasan semacam ini di Amerika. Kita harus bersatu sebagai satu negara untuk mengutuknya," ujar Biden seperti dilansir Agence France-Presse. 

Pernyataan Biden memang paling ditunggu publik Amerika. Selain karena Biden merupakan orang nomor satu di Amerika, juga karena Biden adalah calon lawan Trump pada Pilpres Amerika Serikat. 

BACA JUGA:Donald Trump Kena Tembak saat Pidato di Pennsylvania, Begini Kronologinya

BACA JUGA:Penembak dan Pengunjung Kampanye Donald Trump Dilaporkan Tewas, Ada yang Tertembak di Kepala

Menurut Biden, ia telah mendapat informasi terkait peristiwa penembakan di lokasi rapat umum Donald Trump tersebut. 

“Saya bersyukur mendengar bahwa dia selamat dan baik-baik saja. Saya berdoa untuk dia dan keluarganya dan semua orang yang hadir pada rapat umum tersebut, sambil menunggu informasi lebih lanjut," kata Biden.


Donald Trump masih menunjukkan semangat setelah penembakan. -JEFF SWENSEN / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP-

Biden dan Jill juga berterima kasih kepada Secret Service –Paspampresnya Amerika Serikat– yang telah menyelamatkan Trump. Dalam tayangan video terlihat petugas Secret Service bergegas naik ke panggung setelah terdengar suara letupan keras. 

BACA JUGA:Donald Trump Diduga Ditembaki Saat Kampanye, Mantan Presiden Terluka

BACA JUGA:Protes Dukungan Biden ke Israel, 12 Pejabat Pemerintahan Amerika Serikat Mengundurkan Diri

Trump seketika merunduk di belakang podium. Saat diamankan keluar panggung, terlihat ada darah di sisi kepala dan wajah Trump. Politikus 78 tahun itu langsung digiring ke mobil dan dibawa ke tempat yang aman.  

Salah seorang juru bicara Trump memastikan bahwa Trump selamat dan dalam keadaan baik. Setelah peristiwa penembakan itu, Trump dibawa ke fasilitas medis terdekat untuk diperiksa. Belum ada keterangan apakah tembakan itu mengenai Trump atau tidak.  

Pihak keamanan Amerika Serikat masih menyelidiki kasus tersebut. Seorang yang diduga sebagai pelaku penembakan ditemukan tewas. Kasus tersebut tentu menjadi perhatian dunia dan berdampak besar terhadap berbagai aspek di dunia. (*)  

 

Kategori :