Profil Gus Kikin, Ketua PWNU Jatim 2024 - 2029

Minggu 04-08-2024,18:52 WIB
Reporter : Navara Darisya Salma*)
Editor : Mohamad Nur Khotib

JOMBANG, HARIAN DISWAY - KH Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin resmi terpilih sebagai ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur masa khidmat 2024-2029.

Gus Kikin terpilih secara aklamasi dalam Konferensi Wilayah (Konferwil) ke-18 NU Jawa Timur pada Sabtu, 3 Agustus 2024 di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

Tepatnya, pada Sidang Pleno V Konferwil NU Jatim yang dipimpin oleh jajaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) seperti Wakil Ketua Umum PBNU Amin Said Husni dan Ketua PBNU Gus Aizuddin Abdurrahman.

“Kiai Haji Abdul Hakim Mahfudz ditetapkan sebagai Ketua PWNU Jatim masa khidmat 2024-2029, Al-Fatihah,” ujar Amin Said sekaligus mengetuk palu sidang Pleno V di Universitas Asy’ari di Jombang.

BACA JUGA:Gus Kikin Pimpin PWNU Jatim Sampai Muswil NU Maret 2024

Mekanisme pemilihan ketua PWNU Jatim ini dilakukan dengan pemungutan suara untuk dua kandidat calon, yakni Gus Kikin dan KH Makki Nashir.


Sidang Pleno IV Konferensi Wilayah Ke-18 NU Jawa Timur Pada Sabtu, 3 Agustus 2024 di Universitas Asy'ari Jombang - Pimpinan Sidang menetapkan Ketua Rois KH Anwar Mansur dan Ketua PWNU Gus Kikin-nu online jatim

Gus Kikin mendapatkan 38 usulan atau sekitar 88 persen lebih banyak dibanding Makki Nashir yang memperoleh 5 usulan atau sekitar 12 persen. Karena Makki Nashir tidak memenuhi target minimal 30 persen, maka ia tidak mengantongi syarat bakal calon. 

Dengan hasil pemungutan suara tersebut, Gus Kikin dinyatakan sah sebagai calon ketua PWNU Jatim. Dengan demikian, Gus Kikin sah secara aklamasi menjadi Tanfidziyah PWNU Jatim mendampingi KH Anwar Mansur sebagai Rais Syuriah PWNU Jatim.

BACA JUGA:Gus Kikin, Cucu Pendiri NU Hasyim Asyari, Ditunjuk Pimpin PWNU Jatim

Konferwil NU Jatim diselenggarakan selama dua hari pada 2 & 3 Agustus 2024 di Pesantren Tebuireng. Bersamaan dengan Hari Lahir (Harlah) ke-125 Pondok Pesantren Tebuireng yang jatuh pada 3 Agustus 2024 pula.   

Dalam harlah kali ini, Pondok Pesantren Tebuireng mengususng tema 125 Tahun Pesantren Tebuireng Merawat Islam Ahlussunnah wa Al-Jamaah yang Rahamatan lil Alamin

Sebagai pengasuh pondok pesantren Tebuireng Jombang, Gus Kikin juga mengungkapkan bahwa membangun ukhuwah menjadi program spesifik jika dirinya terpilih menjadi ketua PWNU Jatim.

BACA JUGA:PBNU Angkat Bicara Soal Geger Penggantian Ketua PWNU Jatim: Prosesnya Sudah Lama dan sesuai aturan

“Jadi apapun sebetulnya yang paling utama di kami, di dalam NU, itu adalah bagaimana kita membangun ukhuwah. Itu adalah semangat kebangsaan dan kemudian kebersamaan, guyub, persatuan,” ungkapnya setelah pembukaan Konferwil ke-18 NU pada 2 Agustus 2024.

Kategori :