Mendengar Media Digital: Perbincangan Skripsi dan Tugas Akhir

Jumat 09-08-2024,09:01 WIB
Oleh: Irwan Dwi Arianto*

MENDENGAR media digital merupakan perspektif baru dalam pemberitaan melalui pemantauan, analisis, dan interpretasi dari dinamika percakapan yang terjadi di berbagai platform media digital. Melalui hal itu, pembaca dapat lebih memahami tren, isu, dan sentimen yang berkembang di masyarakat digital serta memperoleh wawasan berbasis big data

Dalam periode sebulan, 30 Juni hingga 30 Juli 2024, analisis komunikasi big data melalui berbagai media digital –baik sosial maupun nonsosial– telah dilakukan untuk mendengar percakapan tentang ”skripsi” dan ”tugas akhir”. Hasilnya menunjukkan, terdapat 13.691 mention terkait skripsi dan tugas akhir, yang mayoritas berasal dari platform media sosial Instagram, kemudian Twitter, dan TikTok. 

Instagram mencatatkan 6.526 mention, sedangkan Twitter dan TikTok masing-masing mencatatkan 2.959 dan 828 mention. Social media reach mencapai 121 juta, menunjukkan betapa luasnya jangkauan diskusi itu di kalangan netizen dalam satu bulan. 

BACA JUGA: Khofifah Dinobatkan Pemimpin Berdampak di Media Digital

Instagram menjadi platform dominan untuk diskusi tentang skripsi maupun tugas akhir, diikuti Twitter dan TikTok, mencerminkan preferensi mahasiswa dalam berbagi pengalaman dan informasi terkait proses penyusunan skripsi atau tugas akhir mereka.

Emoji yang dominan besar dalam diskusi itu adalah kilauan, tanda seru ganda, centang hijau, dan tombol play. Emoji kilauan sering digunakan untuk menunjukkan pencapaian atau sesuatu yang luar biasa, menunjukkan bahwa banyak mahasiswa yang membagikan momen bahagia atau kebanggaan terkait skripsi atau tugas akhir mereka. 

Emoji tanda seru ganda mengindikasikan urgensi atau keterkejutan, mencerminkan perasaan panik atau tekanan yang sering dialami mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi atau tugas akhir. 

Emoji centang hijau menandakan sesuatu yang sudah selesai atau disetujui, digunakan untuk menandai kelulusan atau penyelesaian tahap-tahap penting dalam penulisan skripsi atau tugas akhir mereka. 

Sementara itu, tombol play mengindikasikan banyaknya konten video yang dibagikan, seperti presentasi atau seminar terkait skripsi. Implikasi dari pembacaan itu menunjukkan bahwa konten visual dan audiovisual menjadi medium penting dalam diskusi tentang skripsi. 

Emosi dan reaksi mahasiswa selama proses penulisan skripsi atau tugas akhir, yang terlihat dari penggunaan emoji, menegaskan perlunya dukungan emosional dan validasi. Strategi komunikasi yang efektif harus memprioritaskan platform Instagram dan Twitter (X), memanfaatkan format video dan gambar, serta memberikan dukungan emosional dan tip manajemen stres untuk membantu mahasiswa dalam proses penulisan skripsi mereka. 

Institusi pendidikan dan organisasi mahasiswa dapat merancang kampanye yang lebih interaktif dan mendukung untuk memfasilitasi kebutuhan mahasiswa terkait skripsi atau tugas akhir mereka.

Dari analisis sentimen, ditemukan 1.790 mention positif dan 595 mention negatif terkait skripsi dan tugas akhir. Sentimen positif mencakup pujian terhadap bimbingan skripsi yang efektif dan keberhasilan mahasiswa menyelesaikan skripsi atau tugas akhir mereka. 

Di sisi lain, sentimen negatif banyak berkaitan dengan keluhan tentang tekanan akademik dan kesulitan dalam menyelesaikan skripsi atau tugas akhir. Penggunaan jasa joki juga menjadi topik negatif yang sering dibahas, menunjukkan adanya ketidakpuasan dan masalah serius dalam sistem pendidikan yang perlu segera diatasi. 

Berdasar analisis emosi terkait perbincangan tentang skripsi dan tugas akhir, didapatkan distribusi emosi admiration (46,3%), disgust (25,9%), joy (18,4%), sadness (7,1%), fear (1,9%), dan anger (0,3%). 

Mayoritas perbincangan didominasi perasaan admiration (46,3%), yang menunjukkan bahwa banyak orang merasa kagum terhadap upaya dan pencapaian mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi atau tugas akhir mereka. Hal itu mencerminkan bahwa masyarakat, terutama di platform media sosial, memberikan apresiasi tinggi terhadap perjuangan dan dedikasi yang ditunjukkan mahasiswa. 

Kategori :