Buat Hidup Lebih Ramah Lingkungan dengan Zero Waste

Senin 12-08-2024,16:36 WIB
Reporter : Angelina Aurellia*
Editor : Heti Palestina Yunani

BACA JUGA: Soap for Hope Ajarkan Siswa SD Mendaur Ulang Sabun Hotel

Semakin cepat dilakukan maka akan semakin cepat pula kita dapat merasakan dan menikmati manfaat yang dijanjikan. Maka dari itu, inilah beberapa tip yang cocok untuk memulai menerapkan zero waste.

1. Belanja dengan Bijak


Berbelanja dengan bijak dapat mengurangi penggunaan sampah--Pexels

Pertimbangkan untuk membeli barang-barang dalam jumlah besar atau tanpa kemasan, pilih produk dengan kemasan minimal. Hal ini akan mengurangi pembelian kemasan yang tidak perlu dan meminimalkan limbah kertas maupun plastik.

2. Daur Ulang 


Mendaur ulang dapat mengurangi jumlah sampah yang ada--Pexels

Pisahkan sampah sesuai dengan kategori yang dimiliki seperti organik dan anorganik. Sampah organik dan anorganik ini nantinya akan diolah sedemikian rupa untuk mengurangi limbah.

BACA JUGA: Gus Ipul Ingatkan soal Krisis Iklim di Peringatan Hari Lingkungan Hidup Kota Pasuruan

Sampah organik seperti sisa sisa makanan akan dijadikan kompos, sementara sampah anorganik seperti plastik, botol, kertas akan didaur ulang menjadi berbagai kerajinan yang menarik dan memiliki nilai jual.

3. Perbaiki dan Gunakan Kembali


Penggunaan ulang sesuai kreativitas dapat menjadi salah satu cara mengurangi sampah--Pexels

Apabila memiliki barang yang sekiranya sudah tidak layak pakai, sebaiknya jangan langsung dibuang begitu saja. Pertimbangkan terlebih dahulu untuk memperbaikinya atau menggunakannya kembali dengan cara kreatif.

Hal ini dapat memperpanjang umur barang dan mengurangi kebutuhan untuk barang baru. Dengan upaya ini kita dapat secara signifikan mengurangi jejak lingkungan kita.

BACA JUGA: Marriott Hotels Surabaya Ubah Sampah Plastik Jadi Paving Block

Berkontirbusi pada masa depan yang lebih baik juga menjadi salah satu tujuan kita hidup di dunia. Menerapkan zero waste, menjadikan kita sebagai orang yang lebih bijak dan bertanggung jawab terhadap tempat tinggal dan planet kita. (*)

Kategori :