Fermin Aldeguer dan Ai Ogura, Lompatan Besar ke MotoGP 2025!

Jumat 16-08-2024,10:20 WIB
Reporter : Bagus aji
Editor : Salman Muhiddin

HARIAN DISWAY - Perpindahan Fermin Aldeguer dari tim Speed-Up Racing ke tim satelit Ducati-Gresini Racing, dan Ai Ogura dari tim MT-Helmets-MSI Racing ke tim satelit Aprilia-Trackhouse Racing merupakan hal yang lumrah dalam kompetisi balap.

Fermin Aldeguer awalnya tidak mendapat kesempatan untuk masuk Moto3. Sebagai gantinya, ia menerima tawaran dari Aspar Racing untuk berlaga di MotoE, balapan motor listrik dalam kompetisi FIM.

Pada pertengahan musim 2021, tim Speed-Up Racing meminta Aldeguer untuk menggantikan Yari Montella. Meskipun hanya finis ke-12 di Mugello dan Aragon, Speed-Up Racing justru mengontraknya untuk dua musim, berlaga di kelas Moto2 pada 2022-2023.

Speed-Up Racing telah menyodorkan perpanjangan kontrak, tetapi Ducati berhasil membujuk Aldeguer pada awal tahun ini untuk naik kelas ke MotoGP pada musim 2025-2026.

BACA JUGA:Honda Kedatangan Mantan Insinyur Ducati, Yamaha Sudah Bikin Lompatan

BACA JUGA:Yamaha dan Honda Berebut Dominasi di Tengah Krisis Performa

Berbeda dengan Ai Ogura, bakatnya diasah dari kompetisi balap Honda Asia Talent. Pada 2018, pemuda asal Tokyo ini mendapatkan wildcard untuk berlaga di Moto3, dan pada 2019 ia resmi bergabung dengan Honda Team Asia di Moto3.


Pembalap Ai Ogura bergabung dengan Aprilia Trackhouse Racing-Instagram @aiogura79-

Pada 2021, Ogura naik kelas ke Moto2 dengan tim yang sama. Ia nyaris menjadi juara dunia Moto2 pada 2022, namun gagal akibat kecelakaan. Hingga akhir 2023, performanya terus menurun.

MT-Helmets-MSI Racing merekrutnya pada 2024. Pemuda yang mengidolakan Daijiro Kato ini langsung melejit di klasemen sementara Moto2 bersama rekan setimnya, Sergio Garcia Dols.

Ogura sempat dirumorkan akan naik kelas ke MotoGP bersama Honda, dengan tujuan ke tim satelit Honda-Idemitsu-LCR sebagai pengganti Takaaki Nakagami.

BACA JUGA:Juara Dunia MotoGP: Dominasi Tim Pabrikan atau Kejutan Tim Satelit?

BACA JUGA:Bagnaia Jadi Model Jersey Ketiga Juventus FC

Namun, Ogura justru bergabung dengan tim satelit Aprilia-Trackhouse Racing. Ia mengalahkan Joe Robert (OnlyFans-America Racing), yang sebelumnya digadang-gadang sebagai calon utama.

Contoh perpindahan Fermin Aldeguer dan Ai Ogura dari Moto2 ke MotoGP mulai musim depan menunjukkan bahwa Tim Speed-Up Racing adalah pihak yang paling diuntungkan.

Kategori :