Julukan Jose Mourinho: Dari The Special One ke The Foreign One di Liga Turkiye

Selasa 20-08-2024,11:20 WIB
Reporter : Salman Muhiddin
Editor : Salman Muhiddin

HARIAN DISWAY - Jose Mourinho, yang telah dikenal sebagai The Special One selama lebih dari 20 tahun, kini mendapat julukan baru di dunia sepak bola Turkiye.

Pelatih asal Portugal tersebut, yang saat ini menukangi raksasa Turkiye, Fenerbahce, memberikan komentar yang menarik perhatian usai pertandingan terakhir timnya.

Julukan The Special One pertama kali melekat pada Mourinho setelah konferensi pers perdananya sebagai manajer Chelsea pada Juni 2004.

Sejak itu, ia telah melatih enam klub berbeda dan meraih 19 trofi, dengan penampilannya dalam konferensi pers selalu dinanti-nantikan.

BACA JUGA:Jose Mourinho Bongkar Skuad Fenerbahce, Coret Eks Pemain MU dan Chelsea!

BACA JUGA:Mourinho Rayu Real Madrid Kembalikan Arda Guller ke Fenerbahce, Los Blancos Mau?

Namun, kini Mourinho mendapat sebutan baru di Turkiye, yakni The Foreign One atau Orang Asing. Julukan ini muncul setelah Fenerbahce asuhannya hanya mampu bermain imbang 2-2 melawan Goztepe, Sabtu malam lalu.

Dalam konferensi pers setelah pertandingan, Mourinho menyebut dirinya sebagai orang asing yang harus beradaptasi dengan budaya sepak bola Turki.

"Gairah, kecintaan, antusiasme sangat sesuai dengan gairah saya terhadap sepak bola, sepenuhnya," ujar Mourinho.

"Namun, ada hal-hal lain yang berada di luar kendali saya, seperti budaya. Sepertinya saya yang harus beradaptasi, bukan sebaliknya. Saya adalah orang asing yang datang ke sini. Saya tidak akan mengubah keadaan. Saya harus beradaptasi. Saya bukan pesulap, saya hanya berpengalaman," katanya.


Jose Mourinho dapat julukan baru di Fenerbahce. -josemourinho/Instagram-

Komentar tersebut tampaknya menjadi bentuk kritik terselubung terhadap kondisi sepak bola Turkiye.

Mantan pelatih Chelsea, Real Madrid, Manchester United, dan Tottenham ini mengkritik budaya permainan yang cenderung membuang-buang waktu dan sering kali diwarnai sandiwara.

BACA JUGA:Menakar Kandidat Raja Eropa di Euro 2024: Mourinho Jagokan Timnas Inggris

BACA JUGA:Resmi! Jose Mourinho Tangani Fenerbahce, The Special One Is Back!

Kategori :